Politik Sepekan

Politik Sepekan: Khofifah Cawapres hingga Isran Noor Diisukan Mentan

Sejumlah peristiwa politik mengemuka di antaranya peluang Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjadi cawapres hingga Isran Noor jadi Mentan

Featured-Image
Mantan Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor berjabat tangan dengan Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik usai pelantikan di Kemendagri. Foto: Pemprov Kalimantan Timur

bakabar.com, JAKARTA - Sejumlah peristiwa politik mengemuka di antaranya peluang Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjadi cawapres hingga Isran Noor yang diisukan menjadi Menteri Pertanian.

Berikut selengkapnya dalam Politik Sepekan:

1.Demokrat Bocorkan 4 Nama Cawapres Prabowo, Tak Ada AHY!

Prabowo AHY
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) didampingi sejumlah pimpinan partai Gerindra dan Demokrat memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan tertutup di Kertanegara, Jakarta, Jumat (24/6/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.

Partai Demokrat membocorkan nominasi 4 nama cawapres yang akan mendampingi Prabowo Subianto berlaga di Pilpres 2024.

Namun tak terdapat nama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono yang masuk radar cawapres Prabowo. 

“Pertama, kami mendengar, cawapres Bapak Prabowo Subianto menguat pada empat nama,” kata Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, Selasa (10/10). 

Selengkapnya

2. Reaksi Khofifah saat Ditanya Peluang jadi Cawapres

Khofifah
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Foto: bakabar.com/Izzatun Najibah)

Khofifah Indar Parawansa menjadi kandidat kuat cawapres Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto. Namun, Khofifah enggan mengomentari hal itu. 

Khofifah sempat mengucapkan kata pamit saat pidato HUT ke-78 Provinsi Jatim di Gedung Grahadi Surabaya hari ini, Kamis (12/10).

"Untuk periode ini kami pamit kepada panjenengan semua warga Jawa Timur yang luar biasa," ucap Khofifah.

Selengkapnya

3. Hasto Buka Suara soal Khofifah jadi Kandidat Cawapres Ganjar

Sekjen PDI-Perjuangan Hasto Kritiyanto
Sekjen PDI-Perjuangan Hasto Kritiyanto. (Foto: apahabar/Leni)

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sebut partainya siap umumkan pendamping Ganjar Pranowo dalam waktu dekat. Hasto juga komentari Khofifah sebagai salah satu kandidat.

Saat disinggung Khofifah sebagai kandidat terkuat pendamping Ganjar, Hasto tidak menjawab secara spesifik. Dia hanya sebuy Khofifah sosok cerdas dan salah satu tokoh NU yang bisa menyatukan pengajaran Bung Karno. 

Hasto juga menceritakan pengalamannya bekerja sama dengan Khofifah saat di DPR RI. Dia juga mengakui bahwa kekuatan suara Khofifah di Jatim saat Pilgub 2018.

Selengkapnya

4. Isran Noor Dikabarkan jadi Mentan, NasDem: Belum Dibicarakan

Gubernur Kaltim, Isran Noor
Gubernur Kaltim, Isran Noor. bakabar.com / Riyadi

Isran Noor dikabarkan akan dilantik menjadi Menteri Pertanian menggantikan Syahrul Yasin Limpo. NasDem mengaku belum ada pembicaraan terkait hal itu.

“Sampai hari ini belum pernah membicarakan itu," kata Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali kepadaa bakabar.com, Rabu (11/10).

Menurut Ali, pemilihan dan penunjukan menteri adalah wewenang Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai NasDem. Jika Isran terpilih, maka kapasitasnya memang mumpuni di mata keduanya.

Selengkapnya

5. NasDem Setujui Isran Noor Bakal Dilantik jadi Menteri Pertanian

Isran Noor dan Pj Akmal Malik
Mantan Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor berjabat tangan dengan Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik usai pelantikan di Kemendagri. Foto: Pemprov Kalimantan Timur

Wakil Ketua umum Partai NasDem, Ahmad Ali menyetujui isu mantan Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor akan resmi dilantik menjadi Menteri Pertanian.

Meskipun pengangkatan menteri menjadi kewenangan Presiden Jokowi.

“Pemberhentian dan pengangkatan menteri itu adalah hak prerogatif dari bapak Presiden, sehingga kita akan mengamini siapa saja yang beliau tunjuk,” kata Ahmad Ali kepada bakabar.com di Jakarta, Rabu (11/10).

Selengkapnya

Editor


Komentar
Banner
Banner