Reshuffle Kabinet Indonesia Maju

NasDem Setujui Isran Noor Bakal Dilantik jadi Menteri Pertanian

Wakil Ketua umum Partai NasDem, Ahmad Ali menyetujui isu mantan Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor akan resmi dilantik menjadi Menteri Pertanian.

Featured-Image
Mantan Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor berjabat tangan dengan Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik usai pelantikan di Kemendagri. Foto: Pemprov Kalimantan Timur

bakabar.com, JAKARTA - Wakil Ketua umum Partai NasDem, Ahmad Ali menyetujui isu mantan Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor akan resmi dilantik menjadi Menteri Pertanian.

Meskipun pengangkatan menteri menjadi kewenangan Presiden Jokowi.

“Pemberhentian dan pengangkatan menteri itu adalah hak prerogatif dari bapak Presiden, sehingga kita akan mengamini siapa saja yang beliau tunjuk,” kata Ahmad Ali kepada bakabar.com di Jakarta, Rabu (11/10).

Baca Juga: Isran Noor Diisukan jadi Menteri Pertanian, NasDem: Tanya ke Istana

Ali menerangkan Partai NasDem sungkan untuk menyiapkan figur yang akan menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri. Sebab hak prerogatif presiden yang menjadi instrumen dalam reshuffle kabinet.

“Kami tidak punya kewenangan untuk menyiapkan itu, itu bukan Nasdem, itu kepercayaan yang diberikan Presiden kepada NasDem,” ujarnya.

Baca Juga: Isu Dilantik jadi Menteri Pertanian, Isran Noor Berada di Jakarta

Sebelumnya, Mantan Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor dikabarkan akan segera dilantik sebagai Menteri Pertanian (Mentan) menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Berdasarkan informasi yang diterima bakabar.com, Isran Noor akan dilantik pada Selasa (10/10) malam.

"Silakan menonton TV siaran langsung Pelantikan Menteri Pertanian H Isran Noor pada pukul 22.00 Wita malam ini,".

Baca Juga: Profil Isran Noor, Kandidat Terkuat Gantikan Mentan SYL

Semula mantan Menteri SYL telah melayangkan surat pengunduran diri ke Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Kemudian, SYL menyusul langsung berjumpa dengan Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta untuk berpamitan.

Baca Juga: Segini Harta Isran Noor yang Dikabarkan jadi Menteri Pertanian

Jabatan Mentan definitif masih dibiarkan kosong, lalu Jokowi menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo menjadi pelaksana tugas (Plt) Mentan .

Kemudian bergulir informasi yang menyebut bahwa mantan Gubernur Kaltim, Isran Noor akan mengisi posisi yang ditinggalkan sesama kader Partai NasDem, SYL.

Editor
Komentar
Banner
Banner