Pemilu 2024

Dukungan Erick-Khofifah Kian Perkuat Prabowo-Gibran

Bawono menjelaskan Erick Thohir dan Khofifah memiliki peran yang kuat untuk meningkatkan elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran.

Featured-Image
Hasil penelitian Indikator rating Politik Indonesia, pengamat politik Bawono Kumoro menjelaskan bahwa dukungan Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Timur Khofifah, memperkuat pasangan Capres, Cawapres Prabowo-Gibran. Foto : Apahabar.com (Andrew Tito)

bakabar.com, JAKARTA - Peneliti  Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro mengatakan bahwa dukungan Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Timur Khofifah semakin memperkuat pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran.

Bawono menjelaskan Erick dikenal sebagai salah satu menteri terbaik di Kabinet Indonesia Maju yang cukup polpuler. Sebagai menteri pekerja keras dan bertangan dingin, ia dikenal baik oleh masyarakat.

"Kementerian BUMN dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengalami perkembangan sangat positif di tangan Erick Thohir. Oleh karena itu dukungan Erick terhadap pencalonan Prabowo tentu saja akan berdampak positif bagi pemenangan Prabowo di gelaran pemilihan presiden 2024," ujar Bawono di Jakarta, Senin (22/1)

Baca Juga: Alasan Erick Thohir Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Bawono mengungkapkan Erick Tohir juga dikenal sebagai menteri yang paling diandalkan dan dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi), selain dari Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan.

Bawono menilai mustahil jika Erick Tohir berada pada kubu berbeda dengan Prabowo-Gibran yang notabene adalah pasangan calon paling merepresentasikan kepentingan dari Jokowi, untuk pembangunan lima tahun mendatang.

"Menempatkan Erick sebagai menteri koordinator bidang maritim selama LBP menjalani pemulihan kesehatan menunjukkan kepercayaan tinggi Presiden Joko Widodo terhadap Erick," ujarnya.

Baca Juga: Debat Baru Dimulai, Cak Imin Sentil Food Estate Prabowo

Selain itu, ada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang juga bergabung bersama tim pemenangan Prabowo-Gibran, yang menjadi ujung tombak lain dalam memenangkan Prabowo-Gibran.

Bawono menyebutkan langkah politik Khofifah tersebut tentu saja sangat berpotensi mendatangkan insentif elektoral bagi Prabowo-Gibran di Jawa Timur di pemilu mendatang.

"Apalagi hasil survei menujukkan pasangan calon ini unggul cukup jauh dibandingkan dua pasangan calon lain di Jawa Timur," ujar Bawono.

Baca Juga: Pertama Kalinya, Khofifah Gunakan Baju Biru Khas TKN Prabowo-Gibran

Menurutnya dalam temuan survei terbaru Lembaga Survei Indonesia di Jawa Timur menunjukkan elektabilitas dari pasangan calon Prabowo-Gibran unggul jauh dari dua pasangan calon lain dengan angka 46,7 persen.

Berdasarkan Data LSI periode 16 - 28 Desember 2023, diketahui adanya jarak elektabilitas yan cukup jauh antara pasangan nomor urut 2 yang unggul 20,1 persen dari pasangan nomor urut 3 dan unggul 30,5 persen dari pasangan calon nomor urut 1.


"Hal ini menunjukkan elektabilitas Prabowo di Jatim semakin kompetitif. Sangat jauh berbeda dengan kondisi pemilu 2014 dan pemilu 2019. Unggul dengan jarak elektabilitas jauh di Jatim memiliki arti penting bagi Prabowo untuk dapat menggaransi kemenangan mutlak di Jawa dan juga di tingkat nasional di pemilu 2024 mendatang," ujar Bawono.

Editor


Komentar
Banner
Banner