News

Polisi Telah Mengantongi Identitas Pelaku Pengganti Barcode QRIS di Kotak Amal Masjid

Polda Metro Jaya telah mengantongi identitas sosok pria yang mengganti barcode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)

Featured-Image
Salah satu warga melakukan pembayaran menggunakan QRIS untuk membeli beras saat operasi pasar beras yang digelar di Pasar Beringharjo Yogyakarta, Kamis (9/2). Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya telah mengantongi identitas sosok pria yang mengganti barcode Quick Response Code Infonesian Standard (QRIS) pada kotak amal di sebuah masjid di wilayah Jakarta.

"Ya, sudah teridentifikasi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Selasa (11/4).

Kendati begitu pelaku yang sudah teridentifikasi ternyata melakukan perbuatannya di dua Masjid. Salah satunya ialah Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Ramai 'QRIS Palsu', Ketahui Cara Barcode yang Aman untuk Transaksi

Meski begitu, Trunoyudo ini tidak menjelaskan secara rinci apakah pelaku orang yang sama atau berbeda. Dirinya mengaku bakal blak-blakan siang ini.

"Iya (yang di Istiqlal juga)," kata Trunoyudo.

Sebelumnya diberitakan, seorang pria terekam kamera CCTV mengganti barcode QRIS kotak amal di Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan pada Kamis, (6/4). pukul 10.37 WIB.

Baca Juga: Waspada! Praktik QRIS 'Palsu' Merajalela dari Masjid ke Masjid

Melalui video yang dibagikan akun Instagram @redasamudera.id (Redar Samudera) terlihat pria tersebut berperawakan gempal dengan rambut cepak, menggunakan kacamata, kemeja navy lengan panjang dan celana denim.

Sambil memantau situasi sekitar, pria tersebut menempelkan stiker QRIS miliknya ke beberapa kotak amal yang berjejer di halaman masjid.

“Hati-hati terutama para DKM masjid, telah terjadi modus penipuan mengganti barcode QRIS kotak amal Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan lt7,” tulis keterangan video dikutip bakabar.com.

Editor


Komentar
Banner
Banner