Pemilu 2024

Polisi Siapkan 3 Lapis Pengamanan Debat Capres-Cawapres

Debat calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan dimulai besok, Selasa (12/12)

Featured-Image
Komisi Pemilihan Umum telah mengundi nomor urut bantu masing masing tiga pasangan Capres dan Cawapres untuk Pilpres 2024. Foto : Apahabar.com, (Andrew Tito)

bakabar.com, JAKARTA -Debat calon presiden dan calon wakil presiden dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan berlangsung mulai besok, Selasa (12/12).

Terkait itu, Wakasatgas Preventif Penyelenggaraan Pemilu Brigjen Pol Rudi Antariksa mengatakan pihak kepolisian akan menerapkan pengamanan tiga lapis.

"Untuk jumlah dari pendukung juga sudah dibatasi, berapa orang, berapa orang, sudah diatur KPU, kami tinggal melaksanakan teknis pengamanannya, baik di ring 1, ring 2, dan ring 3," ujarnya, Senin (11/12).

Baca Juga: Catat! Jadwal Debat Capres-Cawapres Pemilu 2024

Tak hanya itu, Rudi juga mengatakan pihakanya bakal mengamankan kegiatan yang berada di luar atau di dalam gedung sehingga pelaksanaannya bisa berjalan dengan lancar.

Adapun personel kepolisian yang diturunkan merupakan gabungan dari Mabes Polri hingga Polda Metro Jaya.

Diperkirakan, ada 1.200 lebih personel yang akan melakukan pengamanan pada esok hari.

"Jumlahnya dari Mabes nanti ada sekitar 271 (personel-red), kemudian dari Polda Metro Jaya sekitar 1000-an personel," kata Rudi.

Baca Juga: Kaesang Harap KPU Tetap Adakan Debat Cawapres

Selanjutnya, terkait rekayasa lalu lintas (lalin), nantinya akan diatur oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya.

Namun, sterilisasi akan dilakukan di kawasan Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat akan dilakukan sejak Selasa pukul 16.00 WIB atau beberapa jam jelang debat perdana.

"Pukul 16.00 sudah kami steril. Dari sore (disterilisasi-red)," ucapnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner