Sekeluarga Tewas Keracunan

Polisi Identifikasi 11 TKW Korban Penipuan Wowon Cs

Penyidik kepolisian telah mengidentifikasi 11 TKW yang menjadi korban penipuan oleh Wowon Cs

Featured-Image
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko (Foto: apahabar.com/Daffa)

bakabar.com, JAKARTA - Penyidik kepolisian telah mengidentifikasi para TKW yang menjadi korban penipuan oleh Wowon Cs dengan janji penggandaaan uang berlapis.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut tersangka Wowon saat mempraktikkan trik penggandaan uang dengan memasukan uang ke dalam amplop di depan korban.

Dengan cara seperti itu, para korban TKW pun terbujuk dengan trik yang digunakan oleh Wowon Cs. Korban akhirnya tertipu dan dengan rutin mengirim uang ke Wowon.

Baca Juga: Jasad Korban Pembunuhan Wowon Cs Dikubur Saat Covid, Polisi Autopsi Ulang

Pada saat korban menyetor uang tersebut, uangnya dipegang oleh rekan Wowon yaitu Dede Solehudin dan diterima melalui rekening maupun wesel internasional.

"Dimana amplop yang dimasukkan uang oleh korban ditukar jumlah uangnya berkali lipat dari jumlah uang yang dimasukkan korban," kata Trunoyudo dalam keterangan resminya, Kamis (26/1).

"Korban percaya dengan penggandaan uang tersebut dan bekerja menjadi TKW dengan gaji bulanan (sekitar Rp 3-5 juta) dikirimkan rutin per bulan ke Wowon Cs," tambahnya.

Baca Juga: Polisi Ekshumasi Makam Halimah Hari Ini, Cari Fakta Baru Wowon Cs

Selanjutnya, Trunoyudo mendapatkan keterangan dari dua orang saksi TKW yakni Hana dan Aslem yang menjadi korban penipuan oleh Wowon Cs. Ia menyebut para TKW tersebut dikenalkan modus penggandaan uang Wowon Cs oleh Yeni dan Siti.

Diketahui, Yeni merupakan anak tiri Wowon dengan mantan mantan istri sirihnya. Sedangkan Siti adalah TKW yang menjadi salah satu korban oleh Wowon Cs dengan didorong ke laut oleh Noneng, mertua Wowon. Peristiwa itu terjadi saat mereka sedang berpergian ke laut Mataram. Keduanya tewas.

"Untuk Aslem diketahui telah mengikuti penggandaan uang ini selama enam tahun. Kerugiannya sekitar Rp288 juta," ujar Kabid Humas.

"Kemudian untuk Hanah telah mengikuti penggandaan uang selama dua tahun, dengan kerugian sekitar Rp75 juta. Kedua saksi shockkehilang mendengar kejadian ini," pungkasnya.

Baca Juga: Polisi: Cara Wowon Cs Menipu Korbannya dengan Sistem MLM

Berikut, daftar nama 11 TKW yang merupakan korban penipRemove imageuan oleh Wowon Cs:

1. Yeni

2. Farida (Korban Jiwa)

3. Siti Fatimah (Korban Jiwa)

4. Aslem

5. Entin

6. Hamidah

7. Evi

8. Hana

9. Yanti

10. Nene

11. Sulastini

Editor


Komentar
Banner
Banner