Narkoba Jaringan Internasional

Polisi Bongkar Nama Samaran Fredy Bandar 'Triangle' Banjarmasin

Mabes Polri membongkar sejumlah nama samaran Fredy Pratama atau Miming yang menjadi bos narkoba jaringan internasional yang hingga kini masih buron.

Featured-Image
Fredy Pratama atau Miming masih dinyatakan buron lantaran terjerat kasus sindikat narkoba internasional. Foto: Dok apahabar.com

bakabar.com, JAKARTA - Mabes Polri membongkar sejumlah nama samaran Fredy Pratama atau Miming yang menjadi bos narkoba jaringan internasional yang hingga kini masih buron.

"Dengan nama samaran dikomunikasinya 'the secret', 'Casanova', 'Airbag' dan Mojopahit," kata Kabareskrim Polri, Komjen Pol Wahyu Widada, Selasa (12/9).

Wahyu menerangkan Fredy berperan mengendalikan peredaran narkoba jaringan internasional, termasuk mengedarkan di Indonesia.

Baca Juga: BREAKING! Mabes Polri Bongkar Sindikat Narkoba Jaringan Fredy Pratama

"Kemudian ditelusuri bahwa sindikat narkoba yang mengedarkan narkoba di Indonesia ini mengedarkan narkoba yang bermuara pada satu orang," ujarnya.

"Yang bersangkutan ini mengendalikan peredaran narkoba di Indonesia dari Thailand, dan daerah operasinya termasuk di Indonesia dan daerah Malaysia Timur kita tentu sudah komunikasi dengan teman-teman dari Royal Thai Police dan Royal Malaysia Police," sambung dia.

Baca Juga: Kabareskrim: Fredy Pratama Bandar 'Triangle' Banjarmasin Masih Buron!

Fredy Pratama, kata dia, mengoperasikan sindikat narkoba melalui organisasi yang rapi dan terstruktur.

"Diatur sedimikian rupa oleh Fredy Pratama. Siapa, berbuat apa, ada yang bagian operasional, kemudian keuangan, pembuatan dokumen, pengumpul uang dan lain sebagainya," jelasnya.

"Kemudian juga menggunakan rekening bank, tidak ada satu, tapi banyak sekali rekening bank. Dari pengungkapan kasus ini dapat diidentifikasi struktur jaringannya dengan peran masing-masing, tentunya Fredy Pratama master mind-nya," lanjut dia.

Di sisi lain, Wahyu juga menyebut sejumlah tersangka lainnya yang memiliki peran beragam dalam kasus peredaran narkoba jaringan internasional.

Baca Juga: Sindikat Fredy Bandar 'Triangle' Banjarmasin Rapi dan Terstruktur!

"Ada K alias R sebagai pengendali operasional kemudian NFM alias Justin sebagai pengendali keuangan. AR sebagai koordinator dokumen palsu, FA dan SA sebagai kurir manifes luar negeri," ungkap dia.

"KI sebagai koordinator pengumpul uang cash dan P, YP, DS sebagai koordinator penarikan uang. DFM sebagai pembuat dokumen palsu yaitu KTP dan rekening palsu. FR dan AF sebagai kurir pembawa sabu," pungkasnya.

Sebelumnya Fredy Pratama atau Miming masih dinyatakan buron terkait kasus narkoba sindikat jaringan internasional yang diungkap Dittipidnarkoba Bareskrim Polri, Selasa (12/9).

Baca Juga: Cerita Penangkapan Buron Anggota Polisi Pembunuh Pelaku Narkoba

Kabareskrim Polri, Komjen Pol Wahyu Widada menyebut Fredy Pratama atau Miming masih dinyatakan buron dan dalam pencarian.

Namun narkoba jaringan internasional yang menjerat Miming telah berangsur dibongkar Dittipidnarkoba Bareskrim Polri.

"Fredy masih buron, terakhir terlihat di Thailand," kata Wahyu di Lapangan Bhayangkara, Kebayoran, Jakarta Selatan, Selasa (12/9).

"1 orang masih DPO di Thailand, Fredy Pratama alias Miming, casanova, the secret, mojopahit, airbag," sambung dia.

Editor


Komentar
Banner
Banner