tokopedia

Polemik Biaya Jasa Layanan Tokopedia Naik, Apa Kata Pelanggan?

Tokopedia menaikan harga biaya tambahan menjadi Rp3.000 setelah sebelumnya hanya Rp1.000 pada Selasa (2/5) per transaksi.

Featured-Image
Kantor Tokopedia di Jakarta. Foto-Bloomberg

bakabar.com, JAKARTA -Tokopedia menaikan harga biaya tambahan menjadi Rp3.000 setelah sebelumnya hanya Rp1.000 pada Selasa (2/5) per transaksi.

Sebagai informasi, setiap pembeli yang akan menyelesaikan transaksi (check out) di Tokopedia akan dikenaikan dua tarif yaitu biaya jasa aplikasi dan biaya layanan.

"Tokopedia menerapkan biaya layanan Rp 1.000 untuk setiap transaksi dengan metode pembayaran virtual account per 2 Mei 2023," ujar Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya melalui keterangan resminya, baru tadi.  

Baca Juga: Tokopedia Sediakan Fitur Bundling Untuk Promosi Produk

Ia berkata pengenaan biaya jasa aplikasi Rp2.000 berlaku untuk pengguna yang membeli produk dengan nominal transaksi di bawah Rp1 juta.

Sehingga total yang harus dikeluarkan pembeli sejumlah Rp3.000 yang terdiri dari biaya layanan dan jasa aplikasi.

Lantas hal tersebut menimbulkan berbagai respons dari masyarakat terkait kebijakan yang diberlakukan oleh Tokopedia.

"Kalau saya sih tidak terlalu masalah, tapi ya agak kesal saja. Soalnya saya sering beli barang di Tokopedia," ujar Maya salah satu pelanggan Tokopedia saat dihubungi tim bakabar.com, Jumat (5/5).

Meski begitu, dia akan tetap membeli barang lewat aplikasi tersebut. "Sekarang sudah serba online. Jadi bakal tetap pake sih. Paling jadi lebih cari yang ada gratis ongkos kirimnya," tuturnya.

Baca Juga: Strategi Tokopedia Tingkatkan Partisipasi UMKM Perempuan dalam Dunia Digital

Berbeda dengan Maya, salah satu pelanggan Tokopedia lain, Adi mengaku tidak terlalu keberatan dengan kenaikan harga tersebut.

"Ya kalau dari saya sih tidak masalah, asal naiknya tidak sampai di atas Rp5.000 saja. Kalau naik lebih dari itu baru saya bakal marah," katanya.

Kenaikan biaya jasa aplikasi juga dilakukan guna mendukung bisnis jangka panjang Tokopedia yang kini sudah bergabung dengan Gojek Indonesia dalam ekosistem GoTo (PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk). 

"Penyesuaian ini merupakan kebijakan perusahaan demi memberikan dampak positif secara jangka panjang," pungkas Ekhel.

Saat ini pembeli harus membayar 3 komponen biaya ketika berbelanja di Tokopedia yaitu biaya layanan, biaya jasa aplikasi, biaya ongkir (apabila tidak bisa menggunakan layanan free ongkir).

Editor


Komentar
Banner
Banner