Penjualan Produk UMKM

Tokopedia Sediakan Fitur Bundling Untuk Promosi Produk

Sediakan fitur paket bundling sebagai bentuk promosi

Featured-Image
Ketua Yayasan Wiranesia Danny Laksana sedang menjadi narasumber dalam webinar UMKM go online virtual expo 2022 yang disiarkan secara daring, Sabtu (8/10).

bakabar.com, JAKARTA – Ketua Yayasan Wiranesia Danny Laksana menjelaskan saat ini Tokopedia menyediakan fitur Bundling yang dapat digunakan UMKM untuk melakukan promosi.

Bundling sendiri merupakan suatu penggabungan antara produk utama dengan produk pelengkap. Dirinya memberikan contoh untuk pembelian smartphone, maka produk bundlingnya bisa berupa casing atau kartu perdana.

“Buat teman UMKM yang produknya adalah makanan maka bisa dibundling dengan minuman,” ujarnya dalam webinar UMKM go online virtual expo 2022 yang disiarkan secara daring, Sabtu (8/10).

Untuk beberapa usaha seperti tempat kopi, biasanya terdapat produk lain yang dijual seperti kue atau roti. Beberapa produk tambahan tersebut, biasanya secara penjualan cukup minim sehingga dengan adanya paket bundling maka dapat membantu penjualan produk tambahan tersebut.

Tidak hanya sekedar menggabungkan produk utama dan pelengkap, namun untuk menarik penjualan dengan paket bundling, maka harga dua barang yang disatukan tersebut bisa jauh lebih murah. Hal itu dapat terjadi dikarenakan adanya diskon yang membuat konsumen teratrik untuk membeli.

“Jangan sampai makanan Rp10.000 dan minuman Rp10.000 ternyata setelah dibundling harganya sama, itu tentu tidak menarik namun kalau harganya jadi Rp15.000 karena diskon itu pasti lebih menarik,” ungkapnya.

Fitur bundling ini juga memberi kemudahan kepada pelaku usaha, karena cukup masuk ke menu promosi maka foto makanan dan minuman yang sudah di posting sebelum hanya perlu digabungkan. Kemudian persediaan makanan dan minuman yang sudah tergabung bisa langsung berkurang otomatis di masing-masing prodak.

Selain untuk meningkatkan penjualan produk pelengkap, fitur paket bundling juga dapat dimanfaatkan untuk promosi produk baru. Sebagai contoh jika produk utama adalah makanan, kemudian membuat produk baru berupa minuman maka untuk memperkenalkan produk tersebut bisa dilakukan dengan fitur ini.

“Ada juga paket diskon yang mempaketkan produk yang sama dengan harga minimum jadi kalau beli 1 dengan harga Rp10.000 tapi kalau beli 3 jadi Rp25.000,” tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner