Sumur Migas Bekasi

Pj Bupati Bekasi Minta Pertamina Utamakan Masyarakat

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyambangi sumur minyak bumi dan gas (migas). Lokasinya di East Pondok Aren (EPN)-001 PEP Tambun Field. 

Featured-Image
Penemuan sumur migas di Tambelang, Kabupaten Bekasi. Foto: apahabar.com/Mae Manah

bakabar.com, BEKASI - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyambangi sumur minyak bumi dan gas (migas). Lokasinya di East Pondok Aren (EPN)-001 PEP Tambun Field. 

Tepatnya di Desa Sukawijaya, Tambelang, Kabupaten Bekasi. Ia datang, Kamis (28/12) tadi.

Pada kesempatan itu, hadir pula Manager RR Pertamina EP, Asisstant Manager Business Support Pertamina EP beserta jajarannya.

Baca Juga: Asa Warga Bekasi Usai Pertamina Temukan Sumur Migas

Saa itu, Dani dengan tegas  meminta pada pihak Pertamina untuk memperhatikan kesejahteraan masyarakat setempat khususnya yang terdampak.

“Sebuah kebijakan yang memang selalu kita utamakan yaitu kemaslahatan masyarakat, rasanya cukup wajar masyarakat ikut menikmati. Bagaimana bentuknya itu diserahkan pada perusahaan, kami sangat mendukung apapun,” kata Dani dalam keterangannya.

Bagi Dani, Pertamina perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti nasib masyarakat terutama mereka yang dahulu mata pencahariannya adalah bertani. Hingga pemukiman warga sekitar area yang juga terdampak akibat aktivitas proyek.

Di samping itu, Dani mengakui bahwa sejauh ini pihak Pertamina EP sudah memberikan kompensasi kepada masyarakat berupa pelebaran jalan dan perbaikan jalan, bangunan Musholla di Kantor Desa Sukawijaya serta santunan untuk anak yatim piatu.

“Selanjutnya nanti pada tahap eksploitasi, pihak Pertamina EP akan memberikan kompensasi kepada masyarakat sekitar area terdekat proyek berupa bantuan permodalan usaha, pendidikan, pelatihan kompetensi dan kesempatan peluang kerja,” jelasnya.

Baca Juga: Sumur Migas Baru Bekasi, Warga Dikasih Uang Ngebul Rp50 Ribu

Selain itu, ia juga mengatakan saat ini sudah ada sekitar 45 masyarakat sekitar yang telah bekerja diproyek Pertamina EP Tambelang.

“Ditahap eksplorasi juga sudah diberikan kompensasi oleh pihak Pertamina EP berupa pelebaran jalan, perbaikan dan lainnya, begitupula nanti pada saat tahap eksploitasi,” tandasnya.

Sebagai informasi, dari hasil Drill Stem Test (DST) 2 menunjukkan bahwa cadangan sumber minyak baru yang ditemukan PT. Pertamina Hulu Energi (PHE) pada 6 Desember lalu ini diperkirakan memiliki deposit minyak 92,79 juta barel setara minyak (MMBOE).

Editor
Komentar
Banner
Banner