Festival Pesisir

Persiapan Festival Pesisir 2023 di Pantai Panrita Lopi Hampir 100 Persen

Persiapan Festival Pesisir 2023 yang akan diselenggarakan di Pantai Panrita Lopi, Kecamatan Muara Badak, pada 13-15 Oktober 2023 hampir rampung.

Featured-Image
Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Slamet Hadiraharjo.Foto: Diskominfo Kukar.

bakabar.com, TENGGARONG - Persiapan Festival Pesisir 2023 yang akan diselenggarakan di Pantai Panrita Lopi, Kecamatan Muara Badak, pada 13-15 Oktober 2023 hampir rampung.

Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Slamet Hadiraharjo mengatakan sejauh ini persiapan festival tahunan Dinas Pariwisata itu sudah mencapai 90 persen.

"Secara kesiapan sudah mencapai 90 persen. Dalam penyelenggaraannya kita turut melibatkan sejumlah komunitas anak nelayan, yang diharapkan akan memberikan keceriaan dan kegembiraan dalam acara tersebut," kata Slamet, Senin (9/10).

Baca Juga: Tarik Minat Pengunjung, Desa Saliki Gelar Festival Balap Perahu Ketinting

Menurutnya festival itu sangat penting untuk menggairahkan perekonomian karena menggerakan banyak aspek di Kukar seperti kesenian, aktivitas UMKM hingga kunjungan wisata.

"Dengan dilaksanakannya Festival Pesisir dapat memberikan multiplayer effect baik kepada pelaku kesenian, pertunjukan, pelaku UMKM maupun berdampak terhadap tingkat kunjungan wisata di Panrita Lopi," ungkapnya.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Slamet menyebut, Festival Pesisir bukan hanya dilaksanakan di Pantai Panrita Lopi, tetapi akan berpindah-pindah lokasi setiap tahun untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kutai Kartanegara.

Pengelola obyek wisata Pantai Panrita Lopi dan Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kukar, Daeng Lompo menambahkan bahwa acara festival ini akan menampilkan ragam kegiatan yang akan melibatkan semua pihak.

Baca Juga: Pemkab Kukar Bekomitmen Dukung Festival Pesisir 2023 Garapan Anak Muda

Festival itu nantinya akan diisi lomba tari pesisir, pertunjukan seni dan budaya, lomba baca puisi, lomba domino, lomba melukis kanvas, jalan santai, permainan tradisional, pemutaran film, pameran produk UMKM, talkshow pemuda pesisir, dan banyak lagi.

"Kami pastikan Pantai Panrita Lopi sudah siap digunakan sebagai lokasi pelaksanaan festival," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan kegembiraannya karena banyak pihak yang ikut berkontribusi dalam festival ini. Mulai dari pengelola wisata maupun komunitas, berkomitmen mempromosikan potensi pariwisata di daerah tersebut yang akan berdampak positif bagi ekonomi masyarakat setempat.(ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner