Pemkab Banjar

Ratusan Acil-acil Meriahkan Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2024

Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2024 di Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Minggu (28/7) pagi.

Featured-Image
Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2024 di Desa Lok Baintan, Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Minggu (28/7). foto-MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Ratusan peserta dari acil-acil (ibu-ibu) lengkap dengan jukung (perahu) hias sedari subuh memeriahkan event tahunan Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2024 di Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Banjar, Minggu (28/7) pagi.

Acara dihadiri Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi, unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas, Kepala Dinas Budporapar Irwan Jaya, Camat Sungai Tabuk, Pambakal se Kecamatan Sungai Tabuk serta sejumlah undangan.

Kepala Disbudporapar Banjar, H Irwan Jaya, menjelaskan kegiatan yang merupakan event tahunan ini dilaksanakan selama dua hari sejak 27 hingga 28 Juli 2024.

“Total peserta dari beberapa kategori lomba di Festival Pasar Terapung tahun ini ada sekitar 500 orang dengan delapan kategori," jelas Irwan Jaya.

Delapan kategori tersebut adalah festival lomba balap jukung pasar terapung, festival lomba baturai pantun, festival formasi jukung, festival jukung hias tradisional, festival kuliner tradisional Banjar, penampilan seni dan budaya, lomba fotografi on the spot dan lomba videografi pesona Pasar Terapung Lok Baintan.

Irwan Jaya melanjutkan, jumlah peserta tahun ini lebih banyak dan meriah dari tahun sebelumnya, hal tersebut juga disebabkan dengan banyaknya kategori lomba yang dilaksanakan.

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi menuturkan, tujuan event tahunan Pasar Terapung untuk meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif serta seluruh potensinya, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan khususnya di Kabupaten Banjar.

“Semoga dengan event ini sektor pariwisata kita semakin maju dan dikenal di Indonesia bahkan mata dunia,” papar Habib Idrus.

Festival Pasar Terapung Lok Baintan lanjut Habib Idrus juga sebagai upaya bersama menjaga tradisi budaya sebagai warisan dari khazanah budaya turun temurun masyarakat daerah di Kacamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

Festival Pasar Terapung ditandai dengan penancapan pengayuh oleh Habib Idrus Al Habsyi, dilanjutkan Hj Nurgita Tiyas turun mendekati jukung menyapa acil-acil peserta festival.

Editor


Komentar
Banner
Banner