haul guru sekumpul

Melihat Persiapan Relawan Jelang Haul Guru Sekumpul Ke-19

Meski belum ada pengumunan resmi kapan Haul ke-19 Abah Guru Sekumpul, namun para relawan telah melakukan serangkaian persiapan untuk menyambut kedatangan jemaah

Featured-Image
Jalan Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar. Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA - Sekalipun belum ada pengumuman resmi, para relawan sudah bersiap menyambut kedatangan jemaah Haul ke-19 Guru Sekumpul

Pantauan bakabar.com, relawan telah membangun posko, menyiapkan peralatan masak di dapur umum, bahkan ratusan sapi telah disebarkan ke dapur-dapur umum sejak Selasa tadi.

Para relawan dari kalangan wanita pun telah menyiapkan bumbu untuk memasak konsumsi jemaah, seprti mengupas bawang dan rempah - rempah lainnya.

Salah satu dapur umum di Sekumpul menerima sapi untuk nantinya disembelih. Jumlah sapi tiap dapur beda-beda. Termasuk kayu bakar tiap dapur umum juga sudah siap. Foto-bakabar.com/Hendra Lianor
Salah satu dapur umum di Sekumpul menerima sapi untuk nantinya disembelih. Jumlah sapi tiap dapur beda-beda. Termasuk kayu bakar tiap dapur umum juga sudah siap. Foto-bakabar.com/Hendra Lianor

Pemkab Banjar juga telah mengerahkan seluruh satuan perangkat daerah, guna membantu kelancaran kegiatan.

Misalnya, dari Dinas Kesehatan telah membangun setidaknya 100 posko kesehatan, yang akan diisi para relawan dari dokter hingga perawat.

Kemudian DKISP Banjar, setidaknya memasangkan 46 CCTV untuk memudahkan pemantauan arus lalu lintas jemaah Sekumpul.

Jalan Irigasi Kelurahan Tanjung Rema Darat tampak sudah ada garis saf jemaah menghadap kiblat. Foto-bakabar.com/Hendra Lianor
Jalan Irigasi Kelurahan Tanjung Rema Darat tampak sudah ada garis saf jemaah menghadap kiblat. Foto-bakabar.com/Hendra Lianor

Kepolisian dan TNI juga sudah siap untuk pengamanan jemaah. Di antaranya terkait pengaturan lalu lintas dan sebagainya. Di persimpangan-persimpangan jalan, hari ini terpantau sudah terpasang petunjuk arah bagi masing - masing daerah.

Itu hanya gambaran sebagian persiapan dari relawan, pemerintah hingga TNI - Polri. Semuanya telah siap tanpa menunggu kepastian jadwal haul.

"Untuk tanggal tidak perlu kita pikirkan. Yang penting kita sudah siap untuk menyambut jemaah datang," kata H Abdel, dalam Rakor Pengamanan Kegiatan Rutin Sekumpul Malam Senin, di Polres Banjar.

Baca Juga: Gaet KPU dan Bawaslu, Polda Kalsel Amankan Haul ke-19 Abah Guru Sekumpul dari Politik Praktis

Sekadar diketahui, 5 Rajab haul peringatan wafat Abah Guru Sekumpul tahun ini bertepatan Rabu 17 Januari. Karena haul biasanya digelar tiap malam Senin, sehingga ada dua kemungkinan digelarnya haul, yaitu Ahad malam tanggal 14 atau Ahad tanggal 21 Januari ini.

Sejauh ini, total relawan yang terdaftar di Tim Induk Sekumpul sudah mencapai 27 ribu lebih dari berbagai bidang. Paling banyak relawan jalur dan parkir yang mencapai 22 ribu orang.

Baca Juga: Samsat Banjarbaru Dijadikan Rest Area Jemaah Haul ke-19 Guru Sekumpul

Kapolres Banjar, AKBP M Ifan Hariyat, mengatakan pihaknya akan menurunkan maksimal personelnya sebanyak 450 personel dibantu TNI, Dishub, Satpol PP dan relawan.

Meski belum ada pengumuman resmi jadwal Haul Abah Guru Sekumpul, namun kemungkinan lonjakan jemaah datang mulai Sabtu.

"Jika mulai terjadi lonjakan jemaah, kami akan menerapkan rekayasa lalu lintas. Terutama bagi roda empat ke atas akan dialihkan melalui jalan bypass Mataraman - Sungai Ulin," kata Kapolres Banjar.

Editor
Komentar
Banner
Banner