orang terkaya

Perempuan Ini Jadi Orang Terkaya Indonesia Berkat Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong, orang terkaya ketiga di Indonesia dari kepemilikan aset perusahaan tambang batu bara, PT Bayan Resources Tbk (BYAN).

Featured-Image
Perempuan Terkaya di Indonesia, Dewi Kam. Foto: VIVA

bakabar.com, JAKARTA Low Tuck Kwong, orang terkaya ketiga di Indonesia dari kepemilikan aset di perusahaan tambang batu bara, PT Bayan Resources Tbk (BYAN).

Tapi ada sosok lain yang juga menjadi penguasa tambang batu bara, yaitu Dewi Kam. Berdasakan Berdasarkan laporan Forbes Real Time Billionaires per April 2023, nilai aset yang dimiliki Dewi Kam ditaksir mencapai US$ 3,6 miliar atau setara dengan Rp 54 triliun (kurs Rp15.000 per USD).

Awal mulanya, Dewi Kam diketahui memulai perjalanan bisnis sebagai pengusaha yang beroperasi di wilayah Hong Kong dan China. Ia sendiri juga dikenal dekat dengan sosok pendiri Hotel Sahid Sukamdani Sahid Gitosadjono.

Baca Juga: Daftar Baru Orang Terkaya RI, Duo Hartono Gantikan Posisi Penguasa Batubara

Pada 2006 ia tercatat ikut serta dalam proyek energi antara Indonesia dan China sebesar US$ 3,56 milliar pada acara Indonesia-China Forum Energy II di Shanghai. Saat itu Dewi Kam menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Sumber Gas Sakti Prima.

Selain menjabat Dewi Kam juga tercatat sebagai pemilik PT Sumber Gas Sakti Prima dengan kepemilikan sebesar 91 persen dan sisanya dimiliki oleh Richard Jasin.Karena menguasai PT Sumber Gas Sakti Prima, Dewi diketahui terlibat dalam proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jepenonto, Sulawesi Selatan.

Tidak cukup sampai di situ, gurita bisnis Dewi Kam terus bertambah. Ia diketahui sebagai pemegang saham Birken Universal Corporation dan Direktur Savill Universal Ltd yang berlokasi di British Virgin Island. Pengelola proyek Coal Based Chemical Plant di Balocci, Sulawesi Selatan dengan nilai US$ 687 Juta.

Baca Juga: Jatuh Bangun Bisnis Otto Toto Sugiri yang Kini Jadi Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Kemudian pemegang saham Overseas Finance Ltd yang ada di Samoa, Nominee Director Execorp Limited, Nominee Shareholder Portculis Nominees (BV) Limited dan Sharecorp Limited.

Kekayaan Dewi Kam semakin meroket tak kala dirinya juga punya kepemilikan dalam perusahaan PT Bayan Resources Tbk (BYAN) milik Low Tuck Kwong. Beruntungnya saham BYAN yang telah terdaftar di BEI, turut mencatatkan kenaikan tajam sepanjang tahun 2022, akibat kenaikan harga yang terjadi pada komoditas Batu Bara.

Sehingga tidak hanya Low Tuck Kwong yang berlimpah keberuntungan menjadi orang terkaya nomor tiga saat ini berkat kenaikan saham BYAN, tapi juga Dewi Kam tercatat sebagai orang terkaya nomor 10 di Indonesia.

Editor


Komentar
Banner
Banner