Perawatan Rambut Kering

Perawatan Rambut Kering? Cukup di Rumah Saja

Rambut kering salah satu penyebab rambut mudah rapuh hingga kondisi tak sehat. Lakukan perawatan ini untuk membantu mengatasinya.

Featured-Image
Rambut Kering. Foto: dok. wolipop

bakabar.com, JAKARTA - Rambut kering salah satu penyebab rambut mudah rapuh hingga kondisi tak sehat. Lakukan perawatan ini untuk membantu mengatasinya.

Memiliki rambut yang kering tidak berasal dari faktor genetik saja, banyak faktor lain yang membuat kondisi rambut semakin kering dan sulit ditata.

"Paparan sinar matahari, penataan rambut dengan suhu yang tinggi dan tingkat kelembaban merupakan faktor rambut rusah dan kering," ujar Cynthia Cobb, pemilik Allure Enhancement Center, dilansir Healthline.

Rambut kering menunjukkan kondisi rambut yang sulit diatur, terlihat rusah, kusam dan gampang patah atau rontok. Cobb juga membagikan beberapa tips untuk merawat rambut kering yang bisa dilakukan setiap hari

1. Memotong Rambut

Mengubah gaya rambut merupakan salah satu solusi mengurangi rambut kering, hal ini membuat rambut bercabang pada ujung rambut terpotong dan meregenerasi rambut baru yang lebih sehat.

Baca Juga: Masalah Rambut Rontok, Zinc hingga Biotin Bisa Jadi Solusi Mengatasinya

"Walau rambut tidak terlalu panjang, namun memotong rambut bercabang dapat membuat rambut lebih mudah diatur," ujarnya.

Ia juga merekomendasikan mengunjungi penata rambut untuk memotong rambut, untuk mendapatkan arahan serta tips menjaga rambut agar tidak rusak.

2. Vitamin dan Omega 3

Selain untuk kesehatan tubuh dan kulit, salah satu manfaat lain mengonsumsi vitamin adalah pada kesehatan kuku dan rambut. Seperti mengonsumsi vitamin A, vitamin C, dan mineral serta zat besi akan membuat rambut terlihat lebih sehat.

Mengonsumsi suplemen vitamin ini dianjurkan untuk rentang usia 13 tahun ke atas, atau sesuai dengan resep dokter.

"Selain untuk diet mengonsumsi protein laut yang mengandung omega 3 dapat membuat kondisi rambut lebih berkilau," jelas Cobb.

Adapun rekomendasinya mengenai protein laut adalah salmon, oysters, makarel, tuna dan ikan sarden. Selain itu, selain produk hewan, beberapa jenis makanan ini dapat dikonsumsi karena mengandung antioksidan untuk rambut, seperti kacang kenari, kacang merah, blueberry, brokoli dan tomat.

Rambut rontok
ilustrasi rambut rontok yang diakibatkan oleh berbagai macam faktor. Foto: Doucefleur/istock photo

3. Hindari Keramas Setiap Hari

Selain menghilangkan kotoran dan mintak dari rambut, keramas setiap hari juga akan menghilangkan sebum pada rambut, yang merupakan minyak alami pada rambut yang membuatnya lebih mudah dirawat.

"Anda dapat mencuci rambut dua hari sekali," ujar Cobb.

Ia menambahkan, jika tetap ingin keramas setiap hari gunakan shampo khusus untuk rambut kering atau mencoba shampo bayi, yang membersihkan dengan lembut tanpa menghilangkan minyak alami pada rambut sepuhnya.

4. Keramas dengan Air Dingin

Selain menyegarkan, mandi dengan air dingin memiliki beberapa manfaat kesehatan, terutama dapat membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat.

Setelah keramas dan kondisioner, keringkan rambut selama beberapa menit untuk merevitalisasi rambut dan menyegarkan kulit kepala.

5. Biarkan Rambut Kering dengan Sendirinya

Salah satu alasan rambut mudah rapuh dan sulit ditata karena rambut kehilangan kelembaban pada proses pengeringannya. Cobalah untuk membungkus rambut dengan handuk setelah keramas, dan diamkan beberapa menit hingga mengering.

Selain itu, hindari tidur dengan kondisi rambut basah, akan membuat rambut semakin rusak.

"Jika memungkinkan, gunakan sarung bantal sutra agar kelembaban rambut tidak terserap ke dalam bantal," katanya.

Baca Juga: Kenali Penyebab Rambut Rontok: Stres dan Kurang Nutrisi Juga Berpengaruh

6. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Hairdryer

Menggunakan peralatan yang panas seperti hairdryer menjadi salah satu alasan rambut menjadi kering. Dalam sebuah riset telah menunjukkan hasil kerusakan pada rambut seseorang, jika ingin menggunakan pengering rambut, setidaknya jauhkan hairdryer setidaknya 6 inci dari rambut.

7. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan emolien alami, yang membantu mengisi celah di helai rambut yang rusak karena panas dan matahri. Menurut studi pada 2015 menunjukkan bahwa minyak kelapa sangat bagus untuk serat rambut.

Dan menghaluskan helaian rambut, meningkatkan kelembaban pada rambut. Adapun cara menggunakannya adalah dalam kondisi rambut kering, dengan minyak kelapa bersuhu ruangan, gosok sedikit minyak kelapa dari telapak tangan ke akar rambut, diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air.

Melakukan perawatan rumahan sangat mudah dilakukan, terlebih tanpa membuat risiko bagi rambut. Namun jika rambut kering dalam jangka panjang dan tidak membaik, hal tersebut dapat menandakan masalah kesehatan lainnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner