Perawatan Rambut

Alasan Tak Boleh Semprotkan Parfum ke Rambut

Menyemprotkan parfum ke rambut sering jadi cara pintas untuk mengatasi rambut berbau tak sedap. Ternyata cara ini malah berbahaya buat rambut. 

Featured-Image
Menyemprotkan parfum ke rambut bisa merusak rambut. Foto: Instyle

apahabar, JAKARTA – Menyemprotkan parfum ke rambut sering jadi cara pintas untuk mengatasi rambut berbau tak sedap. Ternyata cara ini malah berbahaya buat rambut. 

Seringkali setelah mencuci rambut, kita merasa aroma segarnya cepat hilang dalam beberapa jam kemudian. Hal tersebut disebabkan karena kulit kepala terus menerus mengeluarkan keringat dan minyak.

Penumpukan keringat dan minyak tersebut dapat menyebabkan wangi pada rambut anda cepat memudar.  Rambut berbau bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri dan bisa mengganggu orang sekitar.

Anda mungkin pernah berpikir bahwa menyemprotkan sedikit parfum atau hair mist pada rambut bisa membantu menyegarkan rambut. Namun pilihan tersebut merupakan hal yang salah.

Parfum berpotensi merusak rambut anda, karena kebanyakan parfum mengandung etil alkohol dan wewangian sintetis yang kental.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), etil alkohol dapat memberikan efek mengeringkan kulit dan rambut. Jika kulit kepala terbiasa kering maka bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang seperti rambut patah, bercabang, dan kusut.

Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga aroma rambut. Ketimbang memakai parfum dan akhirnya merusak rambut, Anda bisa pilih cara berikut:

Menggunakan Essential Oil

Essential oil cocok digunakan untuk menambah wangi pada rambut, namun perlu dipastikan bahwa produk tersebut diformulasikan dapat digunakan di bagian rambut dan kulit kepala.

“Essential oil sangat bagus untuk ditambahkan ke rambut karena berbagai alasan. Minyak ini beraroma menakjubkan dan saya bisa memilih berdasarkan kebutuhan saya,” ucap penata rambut, Evalyn Denis. Melansir dari Byrdie.

Denis merekomendasikan untuk menggunakannya di kulit kepala dan rambut. Tentu harus ingat batasan dalam menggunakan essential oil, jika terlalu banyak bisa menyebabkan rambut lepek.

Hindari Asap Rokok

Selain merokok tidak baik untuk kesehatan, asap rokok juga dapat meninggalkan bau pada rambut dalam waktu yang cukup lama.

“Rambut memiliki daya serap yang sangat baik, jadi menghilangkan bau apapun terutama asap rokok dari rambut sangat sulit,” lanjut Denis.

Cara terefisien untuk menghilangkan bau rokok dari rambut adalah dengan keramas. Jika tidak cukup waktu untuk keramas,  gunakan dry shampoo ke kulit kepala.

Ganti Sarung Bantal Secara Teratur

Rutin mengganti sarung bantal bisa membantu menjaga kebersihan wajah dan rambut. Sarung bantal yang berbahan katun lebih rentan menyerap sisa riasan, bakteri, dan minyak.

Untuk menjaga rambut anda agar tidak semakin berminyak sehingga menimbulkan bau tidak segar, maka cobalah untuk rutin mengganti sarung bantal.

Ganti sarung bantal ke bahan sutra atau satin, karena bahan ini bisa menjaga rambut tidak kusut dan meminimalisir penyerapan kotoran dan minyak.

Editor
Komentar
Banner
Banner