Perawatan Rambut

Masuk Musim Hujan, Ini Tips Merawat Rambut agar Tak Mudah Berketombe

Udara yang dingin dan lembap di musim hujan bisa bikin ketombe tak terkendali. Ada cara khusus merawat rambut agar tetap sehat. 

Featured-Image
Ada tips khusus merawat rambut di musim hujan untuk mencegah permasalahan rambut dan kulit kepala. Foto dok. freepik

bakabar.com, JAKARTA - Udara yang dingin dan lembap di musim hujan bisa bikin ketombe tak terkendali. Ada cara khusus merawat rambut agar tetap sehat. 

Masuk musim hujan perawatan rambut agar tetap sehat dan indah pasti berbeda dengan saat musim panas. Musim hujan udara cenderung basah dan lembab, sinar matahari tak cukup untuk bantu menjaga rambut.

Pakar dermatologi lulusan Universitas Gadjah Mada dr. Danar Wicaksono, MSc. SpDV memberikan sejumlah tips untuk menjaga kesehatan kulit kepala di saat musim hujan tiba. Salah perawatan di musim hujan berpotensi membuat ketombe susah pergi.

Menurut studi yang diterbitkan pada ‘Journal of Cosmetics Dermatological and Applications kulit kepala memiliki pertahanan yang lebih rentan dibandingkan dengan kulit area wajah.

"Gangguan pada pertahanan kulit kepala atau scalp barrier dapat memicu kondisi-kondisi yang mengakibatkan ketombe terus-menerus muncul kembali,” kata Danar melalui keterangan persnya pekan lalu.

“Oleh sebab itu, memakai perawatan rambut dengan kandungan Niacinamide akan sangat bermanfaat meningkatkan komponen penunjang scalp barrier sehingga menjadi lebih kuat," ujarnya menambahkan.

Berdasarkan studi lainnya, Niacinamide juga terbukti memberikan nutrisi pada scalp barrier dan mengurangi peradangan untuk mencegah ketombe datang kembali.

Selain itu, Danar menyarankan untuk melindungi kulit kepala dari udara dingin dan lembap berlebih.

Saat musim penghujan, suhu udara cenderung lebih dingin ditambah dengan kelembapan udara yang meningkat, kondisi ini dapat memicu munculnya ketombe.

Udara yang lembap dan dingin dapat menyebabkan kulit kepala lebih rentan menjadi kering, membuat sel kulit mati dan mengelupas dan menyebabkan ketombe kering muncul.

Tidak hanya itu, kulit kepala yang didiamkan basah terlalu lama tanpa dikeringkan dengan baik juga bisa menyebabkan munculnya ketombe basah karena terjadi penumpukan kotoran dan minyak.

Terakhir, bersihkan rambut dan kulit kepala secara rutin. Udara yang lembab dan dingin di musim hujan membuat rambut lebih rentan mengalami masalah kesehatan, salah satunya rambut berketombe.

Editor


Komentar
Banner
Banner