Perawatan Rambut

10 Manfaat Masker Rambut Lidah Buaya dan Cara Menggunakannya

Masker rambut mampu menutrisi dan melembapkan rambut. Termasuk memperbaiki kerusakan dan membuat rambut jadi sehat, berkilau, dan halus.

Featured-Image
Lidah Buaya yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk rambut. Foto : pixabay

bakabar.com, JAKARTA - Hair mask atau masker rambut mampu menutrisi dan melembapkan rambut. Termasuk memperbaiki kerusakan serta membuat rambut jadi sehat, berkilau, dan halus.

Salah satu bahan alami yang dikenal dengan manfaatnya yang besar untuk perawatan diri adalah lidah buaya. Tanaman sukulen ini dapat digunakan untuk berbagai hal, mulai dari perawatan rambut, kulit wajah, sampai kulit tubuh.

Manfaat lidah buaya untuk rambut bisa dirasakan oleh semua jenis rambut baik yang berminyak maupun kering, karena bisa melembapkan, mengontrol produksi minyak di kulit kepala, serta menguatkan rambut. Lidah buaya juga dapat membantu membuat rambut terasa terhidrasi dan menenangkan kulit kepala Anda.

Menurut pakar tren kesehatan dan dokter kulit Dokter Marissa Garshick "Daun tanaman lidah buaya kaya akan air, terutama di lapisan paling dalam daun, sehingga membantu menghidrasi kulit kepala dan rambut serta mengunci kelembapan, " tuturnya, dikutip dari Healthline, Selasa (16/1).

Salah satu pakar sekaligus dokter kulit, kosmetik, dan medis Dokter Blair Murphy-Rose pun menyampaikan bahwa sebagai humektan, lidah buaya menghidrasi dengan menarik dan mengikat air.

Sifat-sifat ini membuat masker rambut lidah buaya ideal untuk mendapatkan rambut sehat, yang dapat meningkatkan kilau dan mengurangi kerusakan pada rambut.

"Sejauh memberikan manfaat bagi kulit kepala adalah bahan anti-inflamasi terkenal yang menenangkan kulit kepala dan dapat meredakan iritasi seperti yang disebabkan oleh ketombe atau kulit kering ," ujar Murphy-Rose menjelaskan.

Jadi, rambut Anda tidak hanya akan terlihat bagus saat menggunakan masker ini, tapi kulit kepala pun akan terasa segar.

“Ini juga terdiri dari vitamin, enzim, mineral, dan gula, membantu meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala secara keseluruhan,” tambah Garshick.

10 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

1. Melembapkan rambut 

Lidah buaya merupakan pelembap humektan yang dapat menghidrasi dan melembapkan rambut. Rambut yang terjaga kelembapannya akan tampak berkilau serta terasa lembut dan halus saat disentuh.

2. Mencegah kerontokan rambut 

Berbagai kandungan asam lemak, asam amino, serta Vitamin A, B12, C, dan E yang terdapat di lidah buaya dipercaya dapat membantu menyehatkan folikel rambut sehingga lebih kuat dan rambut tidak mudah rontok. 

3. Membantu pertumbuhan rambut

Sebuah senyawa kimia di lidah buaya bernama aloenin disebut-sebut dapat membantu menumbuhkan rambut pada penderita alopecia. Namun belum terbukti bahwa pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat atau rambut yang tumbuh menjadi lebih tebal.

4. Menutrisi kulit kepala

Begitu banyaknya kandungan nutrisi di lidah buaya dapat membantu menjaga kondisi kulit kepala agar sehat dan seimbang. Kulit kepala yang terjaga kesehatannya akan membuat aliran darah menjadi lancar ke folikel rambut, sehingga nutrisi yang dibawa darah pun dapat dengan cepat diterima oleh folikel rambut di pori-pori kulit kepala. 

5. Menguatkan rambut rapuh

Manfaat lidah buaya untuk rambut ini sangat terasa pada rambut kering karena batang rambut cenderung rapuh sehingga mudah patah dan pecah-pecah. Tak heran, karena lidah buaya mengandung antioksidan yang dapat memperbaiki sel-sel rambut yang rusak. Namun jika rambut sudah terlanjur rusak, maka lidah buaya tidak dapat memperbaikinya, ya. 

6. Mengatasi masalah di kulit kepala

Di kulit kepala biasa ditemukan peradangan kulit yang disebut dermatitis seboroik yang membuat kulit kepala jadi berketombe, gatal-gatal, dan bersisik. Lidah buaya telah terbukti dapat membantu mengatasi masalah ini karena kandungan asam lemaknya memiliki sifat anti-peradangan dan antibakteri. 

7. Membersihkan rambut berminyak

Lidah buaya dapat membantu membersihkan batang rambut dari minyak berlebih serta dari residu berbagai produk penata rambut. Ini dikarenakan lidah buaya punya kandungan enzim yang dapat memecah lemak.

8. Merawat rambut kering

Rambut yang kering memiliki tekstur yang kasar, batang rambutnya rapuh sehingga mudah patah dan pecah-pecah, serta warnanya terlihat kusam. Karena lidah buaya dapat menghidrasi dan melembapkan rambut, maka merupakan pilihan bahan alami untuk merawat rambut yang kering.

9. Melindungi dari efek buruk sinar matahari

Sebuah penelitian membuktikan kalau jus lidah buaya dapat membantu melindungi rambut dari paparan sinar UV dari matahari. Manfaat lidah buaya untuk rambut ini penting banget karena paparan sinar UV dalam jangka waktu lama di rambut dapat membuat rambut menjadi kering, kusam, kasar, dan rapuh.

10. Membuat rambut mudah diatur

Punya rambut yang mudah diatur merupakan salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut. Nggak heran, karena lidah buaya membantu rambutmu menjadi sehat, lembap, lembut dan halus. 

Bagaimana cara menggunakannya?

1. Bagi rambut menjadi beberapa bagian untuk memastikan masker didistribusikan secara merata.

2. Oleskan masker mulai dari bagian tengah batang, lalu kerjakan hingga ke ujung.

3. Oleskan sisa masker ke kulit kepala.

4. Tutupi rambut dengan topi mandi dan biarkan selama 15-30 menit.

5. Cuci rambut atau bilas hingga bersih dengan air untuk memastikan tidak ada residu.

Editor
Komentar
Banner
Banner