Masalah Rambut Rontok

Masalah Rambut Rontok, Zinc hingga Biotin Bisa Jadi Solusi Mengatasinya

Rambut rontok bisa jadi karena makanan yang kurang tepat. Atasi dengan makanan yang memiliki kandungan zinc dan biotin yang tinggi.

Featured-Image
Rambut sehat bisa diperoleh dari makanan yang sehat. Foto: MarinaVarnava/istock photo

bakabar.com, JAKARTA – Rambut rontok bisa jadi karena makanan yang kurang tepat. Atasi dengan makanan yang memiliki kandungan zinc dan biotin yang tinggi. 

Melansir dari Daily Vanity, ahli kerontokan rambut, Dr Byron Tee, seorang dokter estetika di The Urban Clinic di Singapura menjelaskan berbagai penyebab dari kerontokan.

"Ada berbagai penyebab kerontokan rambut. Dalam beberapa kasus, kerontokan rambut mungkin bersifat sementara, sementara pada kasus lain, secara bertahap dapat memburuk tanpa perawatan profesional,” kata Dr Byron Tee.

Untuk mencegah kerontokan semakin parah, Dr. Byron Tee menyarankan mengonsumsi makanan yang dapat membantu memperkuat rambut dan menjaga kesehatannya:

1. Protein

Asupan protein yang cukup penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Pilih makanan kaya protein seperti daging tanpa lemak, ikan, ayam, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak.

Baca Juga: Bermula Mencukur Rambut Menir Belanda, Asgar Eksis dan Melegenda



2. Biotin

Vitamin B kompleks ini penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Temukan biotin dalam telur, alpukat, kacang-kacangan, pisang, dan ubi jalar.

3. Vitamin A

Vitamin A membantu dalam produksi sebum, minyak alami yang melumasi kulit kepala. Dapatkan vitamin A dari makanan seperti wortel, labu, bayam, dan ubi jalar.

4. Vitamin C

Vitamin C membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut dan membantu dalam penyerapan zat besi. Nikmati buah-buahan seperti jeruk, kiwi, stroberi, dan papaya.

5. Vitamin E

Antioksidan ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Cari vitamin E dalam makanan seperti alpukat, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan minyak zaitun.

6. Zat besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kerontokan rambut. Konsumsi sumber zat besi seperti daging merah, hati, bayam, dan kacang-kacangan.

7. Zinc

Zinc membantu memperkuat rambut dan mengatur tingkat hormon. Temukan zinc dalam kerang, daging sapi, kacang-kacangan, dan biji labu.

8. Omega-3

Asam lemak omega-3 membantu menjaga kulit kepala lembap dan mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan trout merupakan sumber yang baik.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan ini sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat. Selain itu, jangan lupa untuk tetap terhidrasi dengan minum cukup air setiap hari, dan hindari stres berlebihan karena stres juga dapat berdampak negatif pada kesehatan rambut.

Jika masalah kerontokan rambut Anda berlanjut atau menjadi parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Editor


Komentar
Banner
Banner