Pemkab Tanah Bumbu

Perangi Narkoba, Urine Anggota Damkar Dites

apahabar.com, BATULICIN – Puluhan anggota pemadam kebakaran yang tergabung dalam posko Batulicin dan Simpang Empat mengikuti…

Featured-Image
Petugas pemadam kebakaran saat dilakukan pemeriksaan urine. Foto-apahabar.com/Ahc21

bakabar.com, BATULICIN – Puluhan anggota pemadam kebakaran yang tergabung dalam posko Batulicin dan Simpang Empat mengikuti pemeriksaan narkoba melalui tes urine, Rabu (27/11).

Hal itu dilakukan sebagai upaya Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Tanah Bumbu untuk mendukung program pemberantasan narkoba di Bumi Bersujud.

“Tes urine untuk narkoba ini rutin kami gelar bagi seluruh anggota pemadam kebakaran se-Tanah Bumbu,” ujar Kepala Satpol PP dan Damkar melalui Kabid Damkar, Mukhyar Rasyid, kepada bakabar.com, Rabu (27/11) sore.

Dalam pemeriksaan hari ini, Satpol PP dan Damkar melalui Bidang Damkar dibantu oleh Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan tes urine para anggota.

“Bersama dinas kesehatan, hari ini kita melakukan pemeriksaan urine di dua posko, yakni Posko Damkar Batulicin sebanyak 30 anggota dan Posko Damkar Simpang Empat sebanyak 40 anggota. Kemudian ditambah 5 orang pejabat Satpol PP dan Damkar. Total 75 anggota," bebernya.

Kegiatan pemeriksaan narkoba bagi anggota pemadam kebakaran memang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Pemeriksaan ini adalah yang keempat kalinya dilakukan untuk 2018 dan 2019.

“Dalam setahun ada dua kali pemeriksaan yang kami lakukan, dan itu berlaku bagi seluruh posko yang ada di Bumi Bersujud,” tegasnya.

Terkait sangsi yang diberikan bagi anggota yang urinenya mengandung narkoba, maka akan dilakukan pemecatan atau tidak diperpanjang kontrak kerjanya. Sedangkan untuk yang punya jabatan seperti Danru akan dihilangkan jabatannya menjadi anggota biasa.

“Ini merupakan bagian dari komitmen kita bersama dalam memerangi narkoba. Jangan sampai ada anggota damkar terlibat narkoba, karena mereka bertugas melayani masyarakat di lapangan. Untuk hasil tes hari ini kita masih menunggu hasil lab dari petugas kesehatan,” paparnya.

Baca Juga: Dispersip Beri Penghargaan Penulis Tanah Bumbu

Baca Juga: Kelola Arsip, Dispersip Tanah Bumbu Bangun Kesadaran SKPD

Reporter: Ahc21
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner