Tak Berkategori

Pengamanan Imlek 2019: Dua Anjing Pelacak Diterjunkan di Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Personel Polda Kalsel belum menemukan adanya potensi bahaya menjelang pelaksaanaan Tahun Baru Imlek di…

Featured-Image
Ilustrasi anjing pelacak milik K-9. Foto-Antara/Nyoman Budhiana

bakabar.com, BANJARMASIN– Personel Polda Kalsel belum menemukan adanya potensi bahaya menjelang pelaksaanaan Tahun Baru Imlek di Banjarmasin.

“Sejauh ini sesuai penyisiran kami dari halaman sampai ke dalam tempat ibadah, tidak ada indikasi bahaya,” tutur Bripka Samosir usai memimpin operasi pengamanan dilansir dari Antara.

Baca Juga:Pengamanan Imlek 2019: Polda Kalbar Terjunkan Ribuan Personel

Operasi pengamanan sekaligus penyisiran di Klenteng Soetji Nurani di Jalan Piare Tendean dan Klenteng Po An Kiong di Jalan Niaga Timur nomor 45, usai digelar, Senin (4/2) siang.

Untuk diketahui, Polda Kalimantan Selatan menurunkan dua ekor anjing pelacak untuk mengamankan perayaan tahun baru Imlek di dua klenteng tertua di Kota Banjarmasin.

“Ini kami bawa dua anjing, satu anjing pelacak peledak, satunya anjing milik Dalmas untuk sterilisasi,” ujar personel Unit K9 Direktorat Samapta Polda Kalsel tersebut.

Sesuai perintah kapolda, lanjut dia, pengamanan perayaan tahun baru Imlek harus dilakukan sejak jauh-jauh hari di tempat yang akan menjadi pusatnya. Di Banjarmasin terdapat dua lokasi, yakni, Klenteng Soetji Nurani dan Klenteng Po An Kiong.

Menurutnya, pengamanan akan dilakukan lebih lanjut oleh petugas kepolisian nantinya pada saat perayaan tersebut berlangsung dari malam ini, Senin 4 Februari malam hingga hari-H Februari 2019, esok.

“Tugas kami saat ini mengamankan lokasi untuk memastikan tidak ada bahan berbahaya misalnya seperti bom atau lainnya di lokasi perayaan, kita harap semuanya juga waspada,” tuturnya.

Sementara itu, pengurus Klenteng Soetji Nurani Banjarmasin Pationo mengungkapkan, persiapan untuk menyambut tahun baru Imlek di klentengnya sudah dilakukan seminggu sebelumnya.

“Biasanya kan sebelum perayaan di klenteng, para jamaah kita merayakan di rumah masing-masing bersama keluarga, baru sekitar jam sepuluh malam hingga jam 12 malam datang kesini untuk beribadah,” paparnya, tulis Antara.

Menurut dia, Klenteng Soetji Nurani yang didirikan pada 1898 atau tidak jauh beda umurnya dengan Klenteng Po An Kiong ini selalu merayakan setiap Imlek. “Baru nanti pada hari H atau 5 Februari 2019, perayaan besar dilaksanakan di sini (Klenteng),” ujarnya.

Baca Juga:Kelenteng Soetji Nurani Siap Sambut Tahun Baru Imlek 2570

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner