Rumah Abah Jajang

Pemkab Cianjur Kebut Perbaikan Jalan ke Rumah 'Surga' Abah Jajang Selesai Awal 2024

Pemerintah Kabupaten Cianjur,mengalokasikan anggaran sekitar Rp.50 miliar untuk memperbaiki akses jalan menuju tempat wisata Curug Citambur

Featured-Image
Kondisi Jalan menuju tempat wisata Curug Citambur dan Kampung wisata Abah Jajang,di Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur (Foto,apahabar.com)

bakabar.com,CIANJUR - Pemerintah Kabupaten Cianjur mengalokasikan anggaran sekitar Rp50 miliar untuk memperbaiki akses jalan menuju tempat wisata Curug Citambur, yang berlokasi di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur.

"InsyaAllah dalam waktu dekat nanti sambil monitoring itu. Saya  ingin ke sana, sekalian ingin ketemu Abah Jajang yang viral itu. Jalannya masih belum diperbaiki, Insya Allah tahun ini selesai,” ujar Bupati Cianjur Herman Suherman, Jum'at (28/04).

Herman menjelaskan sejak 21 Maret 2023 Pemkab Cianjur sudah melaksanakan pembangunan Jalan Sinagar Cipelah yang panjangnya mencapai 18 Km dengan anggaran Rp50 miliar. Adapun proses pengerjaannya dikerjakan dengan melibatkan dua kontraktor.

Baca Juga: Jalan 'Neraka' ke Rumah 'Surga' Abah Jajang Cianjur Bikin Wisatawan Kapok Berkunjung

Jalan Sinagar Cipelah ini sebelumnya sudah dianggarkan tahun 2020. Namun, bersamaan dengan dilandanya pandemi, anggaran tersebut dipergunakan untuk penanganan Covid-19.

"Saat ini sedang dalam proses pengerjaan TPT yaitu Tembok Penahan Tanah, karena pengerjaan beton dengan ketebalan 20 cm untuk jalan Sinagar Cipelah tidak bisa dilaksanakan apabila tidak dibuat TPT terlebih dahulu," jelasnya.

"Insya Allah pengerjaan ini akan selesai di tahun baru 2024, semoga nanti bisa digunakan oleh warga masyarakat yang ingin ke Bandung dan juga yang ingin berwisata ke Curug Citambur serta kampung wisata Abah Jajang," tambahnya.

Baca Juga: Libur Lebaran, Rumah 'Surga' Abah Jajang Cianjur Diserbu Wisatawan

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ahmad Danial menerangkan pihaknya akan melakukan peningkatan dan perbaikan sarana prasarana tempat wisata khususnya untuk wilayah selatan.

Hal tersebut dilakukan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata yang ada di Kabupaten Cianjur,

"Sesuai dengan program dari Provinsi Jabar, kita akan maksimalkan destinasi wisata di wilayah selatan. Prioritas awal yang dilakukan adalah perbaikan dan peningkatan sarana prasarana destinasi wisata di wilayah selatan tersebut, supaya tidak membuat kecewa pengunjung yang datang ke sana," kata Danial, Jum'at (28/04).

Mempersiapkan Pembentukan Pokdarwis

Tak hanya akan melakukan perbaikan akses infrastruktur, Disbudpar Cianjur juga akan melakukan pembinaan sekaligus edukasi tentang kelompok masyarakat sadar wisata atau Pokdarwis.

Edukasi yang disampaikan di antaranya melingkupi pembinaan masyarakat maupun pengembangan wisata setempat.

"Soal akses jalan memang tugas Pekerjaan Umum (PU). Seperti yang disampaikan Pak Bupati akses jalan ke tempat Abah Jajang dan Curug Citambur, sedang proses perbaikan dan mudah-mudahan tahun depan sudah bagus," ucapnya.

Baca Juga: Usai Rumah Abah Jajang Berlatar Curug Citambur Viral, Disbudpar Cianjur Genjot Target Kunjungan Wisatawan

Pembinaan Pokdarwis ini menurutnya perlu dilakukan untuk kesiapan masyarakat terkait bagaimana pengelolaan wisata. Beberapa di antaranya seperti mencakup menyiapkan homestay untuk pengunjung, pembinaan pengelolaan parkir, hingga pembuatan cinderamata.

Dengan terintegrasinya aktivitas wisata di lingkungan masyarakat lokal diharapkan dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah, serta semakin terbukanya lapangan kerja di sektor wisata.

"Pembinaan-pembinaan seperti itu yang akan kita lakukan. Dengan kunjungan wisatawan yang bagus, otomatis perekonomian masyarakat juga akan meningkat. Karena itulah, perlu adanya pembinaan kepada masyarakatnya," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner