Rumah Abah Jajang

Jalan 'Neraka' ke Rumah 'Surga' Abah Jajang Cianjur Bikin Wisatawan Kapok Berkunjung

Jadi Primadona Destinasi wisata,Kampung wisata Abah Jajang belum didukung akses jalan yang layak

Featured-Image
Para pengunjung yang akan menuju kampung wisata Abah Jajang di Kampung Rawa Dewa ,Curug Citambur Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Cianjur, Jawa Barat, harus bergantian melewati Medan jalan yang rusak dan berbatu serta menanjak (Foto: apahabar.com/Hasbi)

bakabar.com, CIANJUR - Jadi primadona destinasi wisata, kampung wisata Abah Jajang di Kampung Rawa Dewa, Curug Citambur Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Cianjur, Jawa Barat, belum didukung akses jalan yang layak.

Hal tersebut banyak mendapat keluhan para pengunjung yang datang ke kampung wisata Abah Jajang tersebut.

"Parah Mas, medan jalannya rusak berat perlu ekstra hati-hati untuk dilewati dan ini akan memakan waktu untuk sampai ke lokasi Abah Jajang," kata Deviana (22) seorang pengunjung asal Purwakarta kepada bakabar.com, Selasa (25/04).

Baca Juga: Libur Lebaran, Rumah 'Surga' Abah Jajang Cianjur Diserbu Wisatawan

Keluhan kondisi jalan menuju tempat wisata Abah Jajang yang rusak berat, membuat Deviana berpikir dua kali untuk datang kembali. Meski diiming-imingi panorama alam yang indah di kawasan tersebut.

Senada hal tersebut juga disampaikan Febriansyah (20) pengunjung asal Bekasi yang juga menyayangkan kondisi akses jalan menuju tempat kampung wisata Abah Jajang yang rusak tersebut.

"Setahu saya Curug Citambur ini sudah lama menjadi destinasi wisata di sini. Bahkan sebelum viralnya rumah Abah Jajang," katanya.

Baca Juga: Jumlah Pemudik Naik, Wisatawan di Situ Rawa Gede Bekasi Menurun

Baca Juga: H+2 Lebaran, Objek Wisata Situ Rawa Gede Bekasi Terus Dibanjiri Ribuan Wisatawan

Kondisi infrastruktur jalan yang rusak parah disayangkan Febri. Menurutnya kawasan wisata di rumah Abah Jajang sebaiknya juga perlu didukung kondisi jalan yang memadai bagi wisatawan.

"Pengunjung seperti kami akan berpikir lagi untuk ke sini lagi," ucapnya.

Pantauan bakabar.com di lapangan akses jalan atau  jalur menuju Curug Citambur, antara Kecamatan Pasirkuda dan Kecamatan Tanggeung melalui Cianjur Kota sudah sangat rusak parah.

Dengan medan jalan yang rusak tersebut akan sangat memakan waktu bagi para wisatawan untuk sampai ke tempat Abah Jajang. Sebab, wisatawan harus melewati jalan bebatuan dan menanjak.

Baca Juga: Usai Rumah Abah Jajang Berlatar Curug Citambur Viral, Disbudpar Cianjur Genjot Target Kunjungan Wisatawan

Dari Cianjur kota menuju Rumah Abah Jajang dan Curug Citambur via Cianjur selatan berjarak 81 kilometer sedangkan apabila melalui jalur Ciwidey Via Bandung jaraknya sekitar 118 kilometer.

Abah Jajang sendiri menyarankan para pengunjung yang ingin datang ke tempatnya agar melewati jalur Ciwidey karena akses jalan disana bagus.

"Kalau ke rumah abah paling enak lewat Bandung via Ciwidey. Karena jalannya bagus. Yang dari Bandung pasti lewatnya Ciwidey. Kadang yang orang Cianjur juga memilih memutar karena jalan Pasirkuda masih rusak. Kecuali kalau sudah diperbaiki, pasti banyak lewat jalur utama Cianjur daripada lewat Ciwidey," ungkap Abah Jajang.

Baca Juga: Rumah Abah Jajang di Curug Citambur Makin Kebanjiran Wisatawan

Diketahui sebelumnya Pemerintah Kabupaten Cianjur berjanji akan memperbaiki jalan di Kecamatan Pasirkuda yang menjadi akses menuju rumah 'surga' Abah Jajang yang viral dan destinasi wisata Curug Citambur.

Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan di tahun ini Pemkab Cianjur meminjam uang kepada perbankan sebesar Rp150 miliar untuk pembangunan empat ruas jalan yang sejak lama tidak dibangun.

"Termasuk jalan di Kecamatan Pasirkuda menuju rumah abah Jajang dan Curug Citambur," kata Herman beberapa waktu lalu.

Editor
Komentar
Banner
Banner