Regional

Usai Rumah Abah Jajang Berlatar Curug Citambur Viral, Disbudpar Cianjur Genjot Target Kunjungan Wisatawan

Rumah Abah Jajang di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Cianjur Selatan berlatar air terjun atau Curug Citambur berimbas pada wisata air terjun di sekitarnya

Featured-Image
Wisata air terjun /Curug Citambur ,kampung Rawa Dewa,Desa Karangjaya,Kecamatan Pasirkuda, Cianjur Selatan (Foto,apahabar.com/Hasbi)

bakabar.com, JAKARTA - Rumah Abah Jajang di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Cianjur Selatan berlatar air terjun atau Curug Citambur berimbas pada wisata air terjun di sekitarnya.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, merekomendasikan sejumlah objek wisata air terjun di wilayah utara hingga selatan bagi pemudik atau wisatawan.

Hal itu dilakukan untuk menargetkan angka kunjungan wisatawan tahun 2023 dapat mencapai 2,5 juta wisatawan luar kota dan seribu wisatawan luar negeri.

Baca Juga: Rumah Abah Jajang di Curug Citambur Makin Kebanjiran Wisatawan

"Cianjur memiliki banyak objek wisata terutama di wilayah selatan, ada Curug Ngebul di Kecamatan Pagelaran, Curug Cikondang di Kecamatan Campakamulya, Curug Ciastana di Kecamatan Kadupandak, dan Curug Citambur di Kecamatan Pasirkuda yang sedang viral," kata Kepala Disbudpar Cianjur, Ahmad Danial, Senin (10/4).

Rekomendasi tersebut disampaikan mengingat Cianjur memiliki sejumlah air terjun yang sudah dikenal berbagai kalangan dalam negeri hingga luar negeri. Karena itu, promosi objek wisata air terjun perlu ditingkatkan melalui media sosial.

Dikenalnya sejumlah objek wisata air terjun tersebut karena objek wisata penunjang yang sudah tertata dikelola secara swadaya oleh warga atau kelompok penggerak pariwisata di masing-masing kecamatan.

Baca Juga: Gegara Rumah Abah Jajang Viral, Pemkab Cianjur Perbaiki Jalan Menuju Curug Citambur

Karena itu, untuk menunjang fasilitas yang sudah ada khususnya di objek wisata air terjun di wilayah selatan, Pemkab Cianjur melakukan pembangunan dan perbaikan. Terutama jalur nasional dan provinsi yang sudah dulu diperbaiki.

"Untuk meningkatkan angka kunjungan terutama selama musim mudik dan balik Lebaran, kami merekomendasikan sejumlah objek wisata terutama curug atau air terjun yang layak dikunjungi wisatawan yang mudik atau wisatawan luar kota," katanya seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Cerita Abah Jajang Mempertahankan Rumah Berlatar Air Terjun meski Ditawar Rp2,5 Miliar

Danila menambahkan di masing-masing objek wisata curug di Cianjur, banyak terdapat objek wisata penunjang seperti di Curug Citambur, terdapat rumah Abah Jajang yang sedang viral ditawar hingga miliaran rupiah, namun tidak dijual karena menghadap langsung ke Curug Citambur.

"Berbagai promosi termasuk acara penunjang tercapainya angka kunjungan akan kami lakukan secara langsung atau melalui media sosial," katanya.

Editor
Komentar
Banner
Banner