Lebaran 2023

Pemerintah Pastikan Tol Cisumdawu Beroperasi pada Mudik Lebaran 2023

Pemerintah pastikan jalur Subang –Cileunyi–Sumedang-Dawuan (tol Cisumdawu) akan beroperasi fungsional pada masa mudik Lebaran 2023.

Featured-Image
Tol Cisumdawu. Foto: dok. Kemneterian PUPR

bakabar.com, JAKARTA – Pemerintah pastikan jalur Subang –Cileunyi–Sumedang-Dawuan (tol Cisumdawu) akan beroperasi fungsional pada masa mudik Lebaran 2023.

Tapi, tol tersebut akan beroperasi secara terbatas, dimulai pada siang hingga sore pukul 15.00 WIB. Di sisi lain, hanya tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 yang dipastikan siap untuk dilewati pada 15 April 2023.

 “Bagian tersebut sudah selesai dan secara fungsional bisa digunakan. Semoga ini dapat membantu memperlancar arus mudik, khususnya di Jawa Barat dan sekitarnya,” ujar Menko PMK Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulis, Minggu (9/4).

Pada kesempatan yang sama, Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan, tol Cisumdawu baru beroperasi secara fungsional karena mempertimbangkan aspek keselamatan bagi para pemudik.

Baca Juga: Menteri PUPR Target Tol Cisumdawu Beroperasi Seluruhnya Februari 2023

“Jadi kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui tol Cisumdawu, atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15.00 WIB,” tutur Menhub.

Sementara itu, Menteri Basuki menjelaskan, untuk pengaturan lalu lintas jalur Tol Cisumdawu saat dibuka fungsional nanti sepenuhnya akan mengikuti arahan Korlantas Polri.

"Apakah akan diberlakukan contra flow, one way, atau buka-tutup semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan,” ujar Menteri Basuki.

Baca Juga: Jelang KTT ASEAN, Menhub Awasi Sarana Transportasi Labuan Bajo

Sementara itu, Kakorlantas Polri Firman Santyabudi mengungkapkan, jalur tol Cisumdawu yang baru saja selesai dibangun kondisinya masih tidak memungkinkan jika dioperasionalkan secara penuh.

“Informasi dari lapangan bahwa daerah masih berkabut. Itu juga riskan, para pengemudi. Dan kita tidak berharap mereka nanti terjebak pada saat malam hari, sementara kita masih disibukkan dengan lonjakan di jalur tol Cipali yang memang cukup deras menurut prediksi kita,” jelas Firman.

Editor


Komentar
Banner
Banner