Pemilu 2024

Bansos Berstiker Prabowo-Gibran Beredar, Anies Minta Pemerintah Jaga Etika

Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan merespons soal bantuan sosial (bansos) yang viral berstiker Paslon capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subi

Featured-Image
Anies Baswedan saat mengutarakan janjinya membangun proyek kereta api di Kalsel. Anies meniru janji Jokowi saat berkampanye di Stadion 17 Mei, 2019 silam. apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan merespons soal bantuan sosial (bansos) yang viral berstiker Paslon capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Anies mengingatkan untuk menjaga etika.

"Terkait pelabelan ini soal etika, etika itu harus dijaga," kata Anies di Ternate seperti dikutip di Jakarta, Jumat (26/1).

Anies mencontohkan saat bertugas sebagai Gubernur DKI Jakarta, bansos yang diberikan tegas tertulis bahwa bantuan sosial dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Dengan demikian, masyarakat mengetahui bansos itu bukan dana dari pemegang kewenangan.

Baca Juga: Anies Kampanye di Cikarang, Simpatisan: Presiden Beretika

"Ini bukan uangnya seseorang, ini adalah uang pajak yang dialokasikan untuk bansos," ujar Anies.

Anies meyakini saat inin rakyat Indonesia sudah semakin cerdas. Dia meminta semua pihak menghormati kecerdasan rakyat dengan menyampaikan informasi yang benar.

"Karena kalau informasi tidak benar disampaikan itu seperti merendahkan daya tangkap rakyat. Rakyat kita sudah cerdas dan bisa menangkap, sampaikan apa adanya, ini adalah bansos dibiayai APBN, bukan dibiayai seseorang," ungkap Anies.

Baca Juga: Jelang Debat Cawapres, Anies Sarankan Cak Imin Jangan Tegang

Di samping itu, Anies menegaskan pihaknya tidak akan menghentikan program bansos bila menang dalam Pilpres 2024. Bahkan, bantuan itu akan ditingkatkan dan diberi nama bansos plus.

"Jadi, kabar-kabar menghentikan itu adalah kabar tidak benar, itu adalah hoaks yang justru akan terjadi adalah ditingkatkan," tegas capres dari Koalisi Perubahan itu.

Baca Juga: Anies Komitmen Bangun Ekosistem Perfilman Indonesia

Anies mengungkapkan saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ia telah menerapkan program bansos. Ada tiga aspek yang akan ditingkatkan dalam program bansos nanti bila terpilih jadi presiden.

"Pertama, jumlahnya. Kedua, penerimaannya. Ketiga, pemberian manfaat tambahan dan pelatihan dan lain-lain. Jadi Itu dari sisi kami," beber dia.

Sebelumnya, viral beras Bulog berstiker Prabowo-Gibran di tengah masyarakat jelang musim kampanye. Padahal, beras itu merupakan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) produksi Perum Bulog.

Editor
Komentar
Banner
Banner