Pemilu 2024

Jelang Debat Cawapres, Anies Sarankan Cak Imin Jangan Tegang

Anies Baswedan memberikan saran kepada calon wakil presiden, Muhaimin Iskandar menjelang debat capres-cawapres keempat di Jakarta Convention Center (JCC) pada M

Featured-Image
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid.

bakabar.com, JAKARTA - Anies Baswedan memberikan saran kepada calon wakil presiden, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjelang debat capres-cawapres keempat di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu (21/1).

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid. Katanya Anies meminta agar Cak Imin tidak terlalu tegang.

"Ya tentu, hampir sama teman-teman. (Anies) memberikan saran agar tidak usah terlalu tegang sampaikan dengan bahasa yang lugas saja dan gampang dipahami oleh orang kebanyakan," katanya kepada wartawan di Jakarta, Minggu (21/1).

Baca Juga: Sekak Cak Imin, Khofifah Singung Soal Kadar NU di Harlah Ke-78

Cak Imin perlu menyampaikan paparannya dengan bahasa yang lugas dan dapat dipahami oleh orang kebanyakan. Cara tersebut dinilainya dapat memikat hati publik.

Kata dia, Cak Imin perlu menggunakan bahasa sehari-hari. Istilah yang dia pakai dengan bahasa warung kopi.

Namun, gaya sehari-hari Cak Imin atau sering disebut oleh netizen dengan gaya ceplas-ceplos itu dianggap sering membuatnya blunder.

Jazilul yang juga Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), menganggap hal tersebut biasa dan bisa mencerminkan gaya khas dari Cak Imin.

"Ya itu hal yang biasa kan, setiap orang punya style masing-masing," terang dia.

Baca Juga: Pelototi Korupsi Kemenaker, KPK Bakal Panggil Anak Buah Cak Imin

Justru menurutnya cawapres nomor urut dua itu tidak terlalu blunder dibandingkan dengan pasangan lain.

Dia mengungkapkan dari data yang disampaikan oleh Cak Imin memang pasti ada yang keliru. Namun, katanya ada paslon yang datanya sering salah tapi dibiarkan oleh netizen.

"Dari data saya pikir tidak ada yang terlalu blunder kalau dibandingkan yang lain justru ada pasangan yang semua disampaikan datanya juga tidak tepat gitu kan tapi netizen membiarkan itu juga," ungakap dia.

Karena itu, menurutnya apa yang sudah menjadi trademark Cak Imin tidak ada masalah. Yang terpenting Ketua Umum PKB itu bisa menyampaikan secara lugas. Khususnya yang berkaitan dengan tema.

"Yang jelas, sampaikan saja nanti malam ke publik secara lugas saja apa yang menjadi pikiran, apa yang menjadi kritikan, apa yang menjadi uneg-uneg," jelas dia.

Baca Juga: Anies-Cak Imin Komitmen Revisi UU KPK Jika Terpilih

Baca Juga: Abu Bakar Ba'asyir Fix Dukung Anies-Cak Imin

Penting untuk tahu. Tema debat cawapres hari ini membahas tentang Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup, Sumber Daya Alam dan Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Menurut Wakil Ketua Umum PKB itu, tema debat hari ini merupakan tema prioritas dari gagasan perubahan paslon nomor urut satu.

"Temanya yang sudah ditentukan ini memang tema yang menjadi prioritas di jalan perubahan Pak Anies, soal pangan, soal energi, soal agraria, dan soal isu-isu lingkungan," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner