Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Pelindo Tanam 1.520 Pohon Produktif di Pesisir Jakarta

Pelindo bersama Pemkot Jakarta Utara melakukan kegiatan hijaukan wilayah pesisir dengan penanaman ribuan pohon produktif.

Featured-Image
Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menanam pohon di area Museum Maritim Indonesia, Tanjung Priok, Jakarta Utara sebagai bagian dari dukungan terhadap pencanangan program Pelindo Hijaukan Indonesia, Senin (5/6/2023). Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia Persero (Pelindo) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara melakukan kegiatan hijaukan wilayah pesisir dengan penanaman ribuan pohon produktif. Kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia Senin yang diperingati setiap tanggal 5 Juni.

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim meminta sektor usaha untuk turut mendukung program pemerintah DKI Jakarta untuk menghijaukan sejumlah kawasan termasuk  melestarikan lingkungan.

"Kalau kita bisa menuntaskan penghijauan sampai 'Ijo Royo-Royo' di Jakarta Utara, nantinya setiap kegiatan yang khusus di DKI Jakarta ini menjadi barometer di Indonesia," kata Ali  Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (5/6).

Ali di depan  pemangku kepentingan (stakeholders) kepelabuhanan mengatakan, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah memintanya untuk menggalakkan penanaman pohon pada setiap kegiatan yang dilaksanakan di Jakarta Utara, baik oleh instansi pemerintah, swasta, maupun masyarakat, dengan melibatkan seluruh stakeholders yang ada.

Baca Juga: Menghayati Hari Lingkungan Hidup Lewat 4 Film Bertema Sampah Plastik

"Bapak Pj Gubernur DKI berpesan, walaupun hanya satu pohon, tanamlah pohon di setiap kegiatan, hijaukan Jakarta. Jadi kegiatan hari ini adalah kesempatan bagi kita semua untuk berpartisipasi dan berkontribusi untuk melestarikan alam di Jakarta Utara melalui semangat bersama, kita dapat mencapai hasil yang luar biasa," kata Ali.

Ali menjelaskan, Direktur SDM dan Umum PT Pelindo (Persero) Ihsanuddin Usman pada hari ini ingin ikut berkontribusi dalam penanaman pohon di Jakarta Utara dengan menyalurkan 1.520 bibit pohon produktif yang bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk penghijauan, tapi juga dapat dimanfaatkan buahnya untuk membantu kehidupan warga sekitar Jakarta Utara.

Sebanyak 1.520 bibit pohon produktif yang diserahkan Pelindo akan dilanjutkan penanamannya oleh Pemkot Jakut di wilayah lain di Jakarta Utara, misalnya di wilayah Kelurahan Kalibaru di Cilincing, Jakarta Utara.

"Tentu titik-titik tanam ini tidak sembarangan, kami sesuaikan dengan jenis pohonnya, kami sesuaikan dengan teknis menanamnya, baik jarak maupun kepentingan dari masyarakat saat menanam," kata Ali.

Baca Juga: Peringatan Hari Lingkungan Hidup, Uji Emisi Hingga Menanam Mangrove

Ali menambahkan, pihaknya nanti juga mengarahkan jenis pohon yang diberikan tidak hanya pohon hias seperti Pucuk Merah dan Bougenville, tapi juga jenis pohon berbuah seperti Mangga, Sukun, atau Rambutan. Meski saat pencanangan hari ini yang ditanam hanya Pucuk Merah dan Bougenville.

"Pohon sukun, karena ini memang cocok kalau buat Jakarta Utara karena daerah pesisir, pohon-pohon berbuah seperti Mangga, Rambutan juga," kata Ali.

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menanam pohon di area Museum Maritim Indonesia, Tanjung Priok, Jakarta Utara sebagai bagian dari dukungan terhadap pencanangan program Pelindo Hijaukan Indonesia, Senin (5/6/2023). Foto: ANTARA
Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menanam pohon di area Museum Maritim Indonesia, Tanjung Priok, Jakarta Utara sebagai bagian dari dukungan terhadap pencanangan program Pelindo Hijaukan Indonesia, Senin (5/6/2023). Foto: ANTARA

Senada, Direktur SDM dan Umum Pelindo Ihsanuddin Usman menjelaskan, pohon yang ditanam merupakan jenis pohon produktif.

"Tentunya sesuai arahan pak wali, pohon produktif ini disarankan ada sukun, mangga dan sebagainya. Mudah mudahan ini tidak dari tindakan saja tapi ada hasilnya yang kita dapatkan," ujar Usman saat ditemui di lokasi pada Senin (5/6).

Baca Juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup, UNS Jernihkan Danau dengan Eco-Enzim

Ia menegaskan, benih-benih pohon tersebut akan ditanam di wilayah gersang yang membutuhkan banyak pohon seperti area Tanggul Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. Melalui program penanaman pohon, diharapkan tingkat emisi di wilayah pelabuhan akan berkurang.

"Harapannya kita dapat memperingati hari lingkungan Hidup Sedunia mengingatkan kita berkomitmen jaga lingkungan hidup dan mengurangi tingkat emisi di Pelabuhan," ujarnya.

Harapan dari program ini, kata Ihsanuddin, selain dapat memperingati hari lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Mei, juga dapat mengingatkan pemangku kepentingan pelabuhan lainnya untuk sama-sama berkomitmen menjaga lingkungan hidup dan mengurangi tingkat emisi di titik pelabuhan yang menjadi lokasi usaha masing-masing.

Baca Juga: Hari Lingkungan Hidup, Menteri LHK: Lawan Polusi Sampah Plastik

Adapun 1.520 bibit pohon didapatkan dari dukungan anak perusahaan hingga cucu perusahaan PT Pelabuhan Indonesia, khususnya di wilayah kerja Tanjung Priok.

Di antaranya selain dari holding PT Pelindo (Persero), ada pula kontribusi atau partisipasi dari PT Pelabuhan Tanjung Priok (Nonpetikemas) sebanyak 200 tanaman, kemudian dari PT Pelindo Terminal Petikemas (TPK) sebanyak 300 tanaman, kemudian dari PT Energi Pelabuhan Indonesia sebanyak 200 tanaman dan PT Jasa Armada Indonesia sebanyak 200 tanaman dan PT Multi Terminal Indonesia sebanyak 200 tanaman.

Editor
Komentar
Banner
Banner