Kasus Pelecehan Seksual

Pelecehan Seksual Miss Universe Indonesia, Sandiaga: Kita Terjunkan Tim

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno buka suara soal dugaan kasus pelecehan seksual yang terjadi di ajang Miss Universe Indonesia 2023.

Featured-Image
Menparekraf, Sandiaga Uno saat menyambangi Kantor Wali Kota Bekasi, Kamis (10/9). Foto: apahabar.com/Mae Manah

bakabar.com, BEKASI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno buka suara soal dugaan kasus pelecehan seksual yang terjadi di ajang Miss Universe Indonesia 2023.

“Kami sudah mendapat laporan dan sudah menerjunkan tim untuk ikut memantau dan mengevaluasi,” kata Sandiaga Uno, di Bekasi, Kamis (10/8).

Sandi memastikan pihaknya bakal mengusut kasus tersebut dengan serius, agar jika hal itu memangterjadi, tindakan serupa tidak terulang dan mencoreng nama baik pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

“Miss Universe sebelumnya juga sudah melapor kepada kita dan kita pastikan prosesnya dilakukan dengan penuh keseriusan dan dijaga,” tegasnya.

Baca Juga: Finalis Alami Pelecehan, Pihak Miss Universe Gelar Investigasi

Menurut Sandi, ajang Miss Universe Indonesia merupakan salah satunya gelaran penting yang tujuannya untuk mempromosikan pariwisata dan produk ekonomi kreatif. Dengan begitu, para finalis yang berlaga merupakan duta wisata dari masing-masing wilayah di tanah air.

“Namun tentunya semua ini harus dijalankan dalam koridor hukum dan kearifan lokal serta taat dengan norma norma dan adat istiadat masyarakat kita yang harus kita jaga,” tutupnya.

Dugaan pelecehan seksual mencuat dua hari sebelum grandfinal Miss Universe Indonesia dimulai. Diketahui, sebanyak tujuh finalis Miss Universe Indonesia melaporkan dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oknum penyelenggara saat kegiatan body checking.

Para finalis yang menjadi korban kemudian membuat laporan ke Mapolda Metro Jaya. Laporan tersebut terdaftar dengan nomor LP/B/4598/VII/2023 SPKT POLDA METRO JAYA pada tanggal 7 Agustus 2023.

Editor
Komentar
Banner
Banner