Miss Universe

Finalis Alami Pelecehan, Pihak Miss Universe Gelar Investigasi

Pihak Miss Universe Indonesia memastikan melakukan investigasi internal untuk mengungkap fakta pelecehan seksual yang dialami oleh beberapa finalis.

Featured-Image
Adanya dugaan kasus pelecehan yang dialami beberaoa finalis, pihak Penyelenggara Miss Universe Indonesia mengatakan akan melakukan investigasi internal untuk mengetahui fakta tersebut.

bakabar.com, JAKARTA - Pihak penyelenggara Miss Universe Indonesia memastikan akan melakukan investigasi internal untuk mengungkap fakta dugaan pelecehan seksual yang dialami oleh beberapa finalis.

Dugaan pelecehan seksual mencuat dua hari sebelum grandfinal kontes kecantikan tersebut dimulai. National Director and Owner Miss Universe Indonesia Poppy Capella menjelaskan dugaan pelecehan terhadap para finalis, menjadi perhatian utamanya setelah naik di sejumlah pemberitaan media.

"Kami telah melakukan investigasi dan memeriksa hal-hal yang dituduhkan kepada kami," ujar Poppy dalam kesempatannya dikonfirmasi awak media, Rabu (9/8).

Poppy juga mengungkapkan, pihaknya akan mengambil tindakan tegas dalam kasus ini. "Kami akan segera mengambil sikap maupun tindakan yang diperlukan terkait permasalahan ini agar menjadi jelas dan terang kebenarannya," ujarnya.

Baca Juga: Peserta Miss Universe: Proses Body Cheking di Luar Prosedur!

Diketahui, sebanyak tujuh finalis Miss Universe Indonesia melaporkan dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oknum penyelenggara saat kegiatan body checking.

Para finalis yang menjadi korban kemudian membuat laporan ke Mapolda Metro Jaya. Laporan tersebut terdaftar dengan nomor LP/B/4598/VII/2023 SPKT POLDA METRO JAYA pada tanggal 7 Agustus 2023.

Kuasa hukum para korban pelecehan seksual, Mellisa Anggraini menjelaskan dugaan pelecehan terjadi pada 1 Agustus 2023. Saat itu, sedikitnya ada 30 finalis yang mengalami pelecehan seksual, namun baru tujuh orang yang memberikan kuasa kepadanya untuk melapor ke Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Pengacara: Ada 30 Korban Pelecehan Seksual Ajang Miss Universe

PJ, salah satu finalis Miss Universe Indonesia yang ikut melapor, membeberkan dugaan pelecehan terjadi saat peserta diminta mengikuti fitting pakaian. "Semua finalis diinstruksikan mencoba gaun untuk acara final," jelasnya.

Kemudian secara tiba-tiba oknum EO mengadakan agenda lain, yakni body checking.

"Saya jadi salah satu finalis awal yang diminta untuk body checking. Saya diperintahkan untuk melepas semua pakaian dan menyisakan underwear bagian bawah saja," papar PJ.

Baca Juga: Polisi Panggil Korban Pelecehan Ajang Miss Universe Hari Ini

Ketika semua pakaian telah dilepas, PJ mengaku refleks menutupi area dadanya dengan tangan karena malu dilihat sejumlah orang. Saat melakukan itu, PJ mengaku dibentak dan dinilai tak bangga dengan tubuh yang dimiliki.

Menanggapi laporan tersebut, Kasubdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Yuliansyah membenarkan bahwa pihaknya sedang menyelidiki dugaan kasus pelecehan seksual. Sebagai tahap awal, mereka akan meminta keterangan para korban.

"Dalam waktu dekat, pihak lawyer akan hadirkan para korban untuk dimintai keterangan," ujarnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner