Pemilu 2024

Partai Ummat Jadi Parpol Paling Sedikit Daftarkan Bacaleg di KPU Pamekasan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur telah menutup pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) pada Minggu (14/5) malam.

Featured-Image
Suasana KPU Kabupaten Pamekasan, Madura saat menerima pendaftaran bacaleg dari sejumlah parpol, Minggu (14/5). (Foto:apahabar.com/Fauzi)

bakabar.com, PAMEKASAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur telah menutup pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) pada Minggu (14/5) sekira pukul 23.59 WIB.

"Jadi ada 18 partai politik yang ada di Pamekasan, itu sudah mendaftarkan semuanya," ujar Komisioner KPU Pamekasan, Moh Amiruddin kepada bakabar.com, Senin (15/5).

Amir menyebutkan sebanyak 18 parpol yang telah resmi mendaftar tersebut di antaranya Partai Ummat, Partai Buruh, PSI, PKN, partai Garuda, Partai Perindo, Partai Hanura, Partai Gelora, PKB, Partai Gerindra, PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, PKS, PAN, PBB, Partai Demokrat, dan PPP.

Baca Juga: Daftar ke KPU Pamekasan, 90 Persen Bacaleg PBB Didominasi Milenial

Dari data itu, total pendaftar bacaleg yang diterima KPU sebanyak 630 orang. Partai Ummat menjadi parpol paling sedikit mendaftarkan nama bacaleg, yakni hanya 7 orang, terdiri dari 3 laki-laki dan 4 perempuan.

Posisi terendah kedua diisi Partai Buruh. Bacaleg yang didaftarkan adalah 9 orang, terdiri dari 6 laki-laki dan 2 perempuan. Kemudian disusul PSI dengan 12 bacaleg dengan 7 laki-laki dan 5 perempuan.

Ada juga sejumlah parpol yang mendaftarkan bacaleg di bawah kuota 45. Masing-masing adalah PKN sebanyak 15 orang, 7 laki-laki dan 6 perempuan, partai Garuda 27 orang, 19 laki-laki dan 8 perempuan.

Baca Juga: Digeruduk Ribuan Nakes, DPRD Pamekasan Janji Sampaikan Tuntutan Penolakan RUU Kesehatan

Selanjutnya adalah Partai Perindo sebanyak 36 orang, 26 laki-laki dan 10 perempuan, Partai Hanura 37 orang, 24 laki-laki dan 13 perempuan. Terakhir Partai Gelora yaitu sebanyak 39 orang, 27 laki-laki dan 12 perempuan.

Sementara parpol seperti PKB, partai Gerindra, PDIP, partai Golkar, Partai Nasdem, PKS, PAN, PBB, partai Demokrat, dan PPP mendaftarkan bacaleg dengan kuota penuh, yaitu sebanyak 45 orang.

Rinciannya, PKB 27 laki-laki dan 18 perempuan, Partai Gerindra 30 laki-laki dan 15 perempuan, PDIP 30 laki-laki dan 15 perempuan, Partai Golkar 29 laki-laki dan 16 perempuan, Partai Nasdem 31 laki-laki dan 14 perempuan.

Baca Juga: Pilkades Serentak di Pamekasan Ditunda, Akademisi: Bentuk Arogansi Kekuasaan!

Untuk PKS terdiri dari 26 laki-laki dan 19 perempuan, PAN 31 laki-laki dan 14 perempuan, PBB 28 laki-laki dan 17 perempuan, Partai Demokrat 31 laki-laki dan 14 perempuan, dan PPP 30 laki-laki dan 15 perempuan.

Sebagai informasi, KPU Pamekasan mulai hari ini, tanggal 15 Mei hingga 23 Juni akan melakukan proses verifikasi administrasi terhadap persyaratan dokumen yang diserahkan bakal calon tersebut.

"Nantinya (hasil verifikasi) akan disampaikan pada tanggal 24 sampai 25 Juni kepada partai politik. Kami harap bersabar menunggu," pungkasnya

Editor


Komentar
Banner
Banner