Hari Rabies Sedunia

On This Day! Tema Hari Rabies Sedunia 2023: Kesehatan untuk Semua

Hari rabies sedunia (World Rabies Day), diperingati pada 28 September tiap tahunnya untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit mematikan ini.

Featured-Image
hari rabies dunia (world rabies day) diperingati tiap 28 September. Foto: villageveterinary

bakabar.com, JAKARTA - Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day), diperingati pada 28 September tiap tahunnya untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit mematikan ini.

Peringatan ini bertujuan menyadarkan seluruh lapisan masyarakat untuk lebih peduli dalam memerangi penyakit rabies.

Melansir laman Kemenkes, Kamis (28/9), pada April 2023 terdapat 31.113 kasus rabies, 23.211 kasus gigitan hewan yang sudah mendapatkan vaksin antirabies, dan 11 kasus kematian yang disebabkan oleh rabies.

Rabies adalah penyakit virus yang menular pada hewan mamalia seperti anjing, kucing dan lainnya. Rabies ini juga menular melalui air liur hewan ke manusia, dan sanga berbahaya.

Sejarah Hari Rabies Sedunia

Pada 2007, Aliansi Global Pengendalian Rabies (GARC) bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pertama kali menetapkannya sebagai Hari Rabies Sedunia.

Baca Juga: Google Peringati Hari Jadi Ke-25, Klik Doodle Maka akan Keluar Ini

Selain itu pada 28 September 1895 siiam, Louis Pasteur dinyaakan meninggal dunia. Ia adalah seorang ahli kimia dan mikrobiologi Prancis yang mengembangkan vaksin rabies pertama untuk memerangi penyakit ini pada hewan dan manusia.

Bertujuan menyoroti kemajuan yang dicapai dalam pemberantasan rabies, dan meningkatkan kesadaran akan pencegahan rabies.

Hari Rabies Sedunia 2023

Hari rabies sedunia (world rabies day) diperingati tiap 28 September dengan tema All For 1 One Health For All. Foto: WHO
Hari rabies sedunia (world rabies day) diperingati tiap 28 September dengan tema All For 1 One Health For All. Foto: WHO

Hari Rabies Sedunia memasuki tahun ke-17, memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mengadvokasi penghapusan kematian manusia akibat rabies yang disebabkan oleh hewan.

Tahun ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah menetapkan tema yang diusung untuk memperingati Hari Rabies Sedunia, All for 1 - One Health for All, menunjukkan bahwa kesehatan untuk semua orang.

Tema ini juga menyoroti perlunya kolaborasi, antara masyarakat maupun organisasi pemerintah dan dunia untuk memperkuat sistem dan memastikan fasilitas kesehatan ini tersedia bagi semua orang.

Baca Juga: Hari Bhakti Postel 2023: KolaborAKSI untuk Indonesia Digital

Tahun ini GARC menyarankan untuk merayakan hari ini dengan kampanye vaksin pada anjing dan hewan mamalia lainnya, serta edukasi mengenai rabies.

Di Indonesia sendiri, setiap tahunnya juga melakukan hari peringatan ini dengan memberikan vaksin gratis pada hewan peliharaan atau hewan liar lainnya untuk dilakukan vaksin rabies.

Seperti beberapa titik wilayah di Jakarta serta Depok yang menyelenggarakan kegiatan vaksin gratis terhadap hewan mamalia, guna mencegah penyebaran virus tersebut.

Editor
Komentar
Banner
Banner