Hari Peringatan

3 Januari, Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh, Pentingnya Keseimbangan Fisik dan Mental

3 Januari ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Inernasional, sebagai peringatan kesadaran emosi dan pikiran bagi kesehatan diri.

Featured-Image
3 Januari, Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh, Pentingnya Keseimbangan Fisik dan Mental. Foto: iStock Photo

bakabar.com, JAKARTA - 3 Januari ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Inernasional, sebagai peringatan kesadaran emosi dan pikiran bagi kesehatan diri.

Peringatan ini diperingati di seluruh dunia dengan sebutan International Mind-Body Wellness Day, guna mendorong kampanye pentingnya kesehatan emosi, pikiran dan jiwa bagi kesehatan fisik tubuh.

Memilih gaya hidup sehat juga sangat penting bagi gerakan ini. Sehingga menjadi pengingat pentingnya menjaga keseimbangan antara tubuh dan mental diri.

Ilustrasi Mindfulness
Ilustrasi Minfulness atau meditasi. Foto: theyellowspot

Melansir Today Special Day, Rabu (3/1), penetapan Hari Kesehatan Pikiran-Tubuh Internasional dilakukan oleh Jaya Jaya Myra, seorang advokat kesehatan dan kebugaran.

Meski tahun pastinya masih belum jelas, beberapa sumber berpendapat bahwa peringatan ini dimulai antara tahun 2012 hingga mendekati 2016.

Sejarah mengenai Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Inernasional ini merujuk pada sosok Hippocrates. Seorang bapak dari gerakan tersebut.

Konsep kesehatan pikiran-tubuh telah ada selama ribuan tahun, terbukti dalam praktik penyembuhan kuno seperti Ayurveda dan Pengobatan Tradisional Tiongkok.

Namun, perayaan khusus Hari Kesehatan Pikiran-Tubuh Internasional, yang diperingati setiap tanggal 3 Januari, merupakan fenomena yang relatif baru.

Penelitiannya berperan penting sebagai tindak keanjutan eksplorasi mengenai penggunaan obat di dunia.

Saat ini, ilmu kesehatan pikiran dan tubuh semakin berkembang, dan banyak terfokus pada gabungan keduanya untuk sinergis menuju kehidupan yang sehat.

Melakukan meditasi
Ilustrasi melakukan meditasi yoga. Foto: parenting.firstcry

Perayaan ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan hubungan yang tak terpisahjan antara pikiran dan tubuh manusia untuk menghormati semua aspek kesehatan.

Karena sejatinya, emosi, pikiran dan tindakan memiliki dampak pada keselarasan pikran-tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Dalam memperingati hari tersebut, melakukan beberapa aktivitas olah pikiran dan tubuh yang membuat keseimbangan antar keduanya.

Kegiatan ini juga menjadi langkah awal di tahun yang baru untuk memulai kebiasaan baru yang sehat, seperti melakukan yoga, olahraga pernapasan, berjalan kaki, meditasi, cukup terhidrasi, hingga mendapatkan pola tidur yang baik.

Editor
Komentar
Banner
Banner