On This Day

Di Balik Makna Hari Memompa ASI Sedunia 27 Januari

Hari Memompa ASI Sedunia, diperingati tiap 27 Januari. Merayakan pentingnya pemberian ASI untuk bayi dan mempererat ikatan antara ibu dan anak.

Featured-Image
27 Januari, Hari Memompa ASI Sedunia, Hari Memompa ASI dan Pentingnya bagi ASI pada Bayi. Foto: iStockPhoto

bakabar.com, JAKARTA - Hari Memompa ASI Sedunia, diperingati tiap 27 Januari. Merayakan pentingnya pemberian ASI untuk bayi dan mempererat ikatan antara ibu dan anak.

Menyusui menjadi satu hal yang terkadang sulit bagi beberapa ibu, bahkan membuat mereka stres dan terbebani.

Namun hal ini menjadi satu tanggung jawab memberikan nutrisi untuk sang bayi agar tetap terpenuhi.

Selain menyusui, para ibu kerap menyisihkan waktunya untuk memompa payudara guna meningkatkan jumlah ASI yang diproduksi untuk diberikan pada sang bayi.

Baca Juga: 24 Januari Hari Pendidikan Internasional: Pendidikan adalah Hak!

Hal ini turut dilakukan banyak ibu untuk memastikan ASI selalu tersedia dan mempermudah memberikannya pada si kecil, bahkan pada saat malam hari.

Memompa ASI turut menjadi satu hal sulit yang dilakukan para ibu. Maka, Hari Memompa ASI Sedunia menjadi satu kesempatan untuk mengapresiasi para ibu yang menyediakan waktunya untuk mengumpulkan ASI untuk si kecil.

Pemberian ASI Eksklusif sangat Penting bagi Tumbuh Kembang Bayi. Foto: iStock Photo
Pemberian ASI Eksklusif sangat Penting bagi Tumbuh Kembang Bayi. Foto: iStock Photo

Air Susu Ibu menjadi satu makanan menyehatkan bagi bayi hingga usia enam bulan. ASI menjadi satu pilihan yang menyehatkan sebagai pemenuhan nutrisi si kecil.

Tak hanya memberikan manfaat kesehatan, menyusui bayi menjadi satu cara yang indah dalam menjalin ikatan antara ibu dan bayinya.

Baca Juga: Mau Liburan ke Kota Malang? Catat 77 Event Wisata Kampung Tematik pada Tahun 2024

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, turut mengadakan gerakan ASI eksklusif untuk bayi baru lahir hingga enam bulan.

Hal ini bertujuan memberikan makanan utama dan pilihan terbaik untuk mereka di awal kehidupan.

ASI turut memberikan nutrisi ideal yang berkontribusi terhadap tumbuh kembang dan mencegah penyakit bagi bayi.

Sejarah World Breast Pumping Day

Memompa ASI pertama kali dilakukan pada abad ke-19 menggunakan alat pompa payudara, sebuah alat kesehatan yang tersedia di rumah sakit pada saat itu.

Hal ini guna membantu para ibu yang memiliki puting payudara yang terbenam, serta membantu bayi baru lahir yang terlahir lemah atau terlalu kecil untuk menyusu.

Baca Juga: Soundtrack Film Ancika 1995, Liriknya Relate dengan Cerita Anak Muda

Hingga pada 1991, perusahaan asal Swis, Medela, secara khusus memperkenalkan pompa ASI pertama berdaya elektrik portable, yang dapat digunakan bahkan di luar rumah sakit.

Pada 2017, Hari Pemompa Payudara Sedunia ditetapkan oleh Wendy Armbruster, seorang perempuan Kanada yang menciptakan bra pemompa payudara yang lebih memudahkan ibu dalam memompa ASI mereka.

Hingga World Breast Pumping Day diselenggarakan hingga saat ini, sebagai upaya mendorong para ibu di seluruh dunia merayakan kegembiraan memberikan ASI pada si kecil.

Editor


Komentar
Banner
Banner