Perayaan Unik

13 November Hari Kebaikan Sedunia, Ajak Berbuat Baik pada Semua Orang

Hari Kebaikan Sedunia (World Kindness Day) diperingati tiap tanggal 13 November. Seruan berbuat baik bagi individu, komunitas dan dunia.

Featured-Image
Hari Kebaikan Sedunia (World Kindness Day) diperingati tiap 13 November. Foto: Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Hari Kebaikan Sedunia (World Kindness Day) diperingati tiap tanggal 13 November. Seruan berkebaikan bagi individu, komunitas dan dunia.

Kebaikan adalah sebuah perilaku yang sejatinya melekat pada setiap manusia. Melakukan kebaikan harusnya tanpa pandang bulu, dan merata pada setiap individu.

Pertama kali ditetapkan pada 1998 oleh Gerakan Kebaikan Dunia (Global Kindness Movement), Hari Kebaikan Sedunia diperingati tiap tahunnya pada tanggal 13 November. Gerakan ini bertujuan mempromosikan kebaikan di seluruh dunia.

Memberi kesempatan untuk merenungkan dan melaksanakan sifat kemanusiaan dan yang paling penting menyatukan empati, kasih sayang serta kebaikan lainnya.

Meski tidak diperingati secara resmi, tapi gerakan ini diharapkan mendapatkan status pengakuan resmi oleh PBB.

Sejarah Hari Kebaikan Sedunia

Sejarah Hari Kebaikan Sedunia (World Kindness Day). Foto: Freepik
Sejarah Hari Kebaikan Sedunia (World Kindness Day). Foto: Freepik

Hari Kebaikan Sedunia dimulai pertama kali pada 1997, oleh Gerakan Kebaikan Dunia. Dalam konferensi pertamanya di Tokyo, Jepang, guna mempertemukan organisasi seluruh dunia.

Setahun setelahnya, pada 1998. Hari tersebut ditetapkan sebagai acara tahunan oleh banyak negara, termasuk Australia, Kanada, dan Uni Emirat Arab.

Melansir Hundustan Times, Senin (13/11), gerakan ini semakin meluas tiap tahunnya. Inggris memulai Gerakan Kebaikan pada tahun 2005, disusul Singapura pada tahun 2009.

Di Inggris, Gerakan Kebaikan Dunia dimulai pada tahun 2010. Hingga 2019 telah menyebar ke-27 negara di dunia, termasuk Australia, Prancis, dan Amerika Serikat.

Terakhir, Gerakan ini mendapatkan pengakuan resmi dari LSM di Swiss setelah hampir dua dekade perjuangannya.

Meskipun saat ini, peringatan ini tidak diakui secara resmi, tapi diharapkan Gerakan Kebaikan Dunia ini mendapatkan status resmi oleh PBB, bergabung dengan Hari Perdamaian Internasional, Hari Hak Asasi Manusia, dan Hari Kesehatan Sedunia.

Hari Kebaikan Sedunia dirayakan bertepatan dengan Pekan Kebaikan Sedunia, yang diperingati tiap 13 hingga 19 November setiap tahunnya.

Tujuan dan Pentingnya Hari Kebaikan Sedunia

Hari Kebaikan Sedunia diperingati tanggal 13 November tiap tahunnya. Foto Unsplash
Hari Kebaikan Sedunia diperingati tanggal 13 November tiap tahunnya. Foto Unsplash

Hari Kebaikan Sedunia bertujuan meningkatkan kesadaran atas tindakan kebaikan di masyarakat, menekankan hal positif dan kasih sayang yang menyatukan manusia.

Gerakan Kebaikan Dunia ini menyoroti perbuatan baik di masyarakat dengan fokus pada kekuatan positif. Sejak didirikan dari dua dekade lalu, hari ini mendapat perhatian secara global.

Acara-acara terkait dengan hari tersebut menarik peserta dari setiap negara. Mencakup kegiatan seperti konser, pentas menari hingga pembagian 'kartu kebaikan'.

Kebaikan merupakan aspek dasar dari manusia, melampaui batasan ras, agama, politik, gender dan geografis.

Editor


Komentar
Banner
Banner