Relax

Murah Meriah! Rutin Pakai Masker Kopi untuk Wajah Glowing Alami

apahabar.com, JAKARTA – Ragam cara ditempuh demi mendapatkan kulit wajah sehat berseri. Mulai dari perawatan mahal hingga…

Featured-Image
Masker kopi berkhasiat mencerahkan kulit wajah. Foto: Freepic

bakabar.com, JAKARTA- Ragam cara ditempuh demi mendapatkan kulit wajah sehat berseri. Mulai dari perawatan mahal hingga cara-cara yang ekstrem. Namun, ada solusi sederhana sekaligus murah yang bisa digunakan dalam rutinitas kecantikan, yakni dengan kopi.

Dikenal nikmat sebagai minuman, kopi yang berasal keluarga Rubiaceae ini, juga dipercaya dapat memberikan efek baik untuk sehatkan kulit. Bukan tanpaalas an, sebab kandungan yang terdapat di dalam biji kopi kaya akan zat-zat istimewa.

Studi tahun 2013 dalam jurnal "Analytical Methods" menjelaskan, kopi mengandung asam kafeat atau caffeic acid yang membantu meningkatkan kesehatan kulit. Zat tersebut kaya akan antioksidan sehingga dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini.

Pemakaian kopi untuk perawatan, dapat dilakukan dengan membuat masker kopi. Kopi bisa ditambah dengan bahan lain untuk memaksimalkan manfaatnya.

Berikut ini beberapa metode yang bisa diaplikasikan sebagai bahan perawatan kecantikan:

Scrub Wajah

Salah satu manfaat kopi yang paling sering diterapkan adalah menggunakannya sebagaiscrubwajah. Gunakan biji kopi yang telah ditumbuk lalu usapkan ke seluruh wajah dengan gerakan memutar.

Jika ingin membuatnya seperti masker, campurkan sedikit gula dengan takaran yang sama serta tetesan lemon. Lalu, aplikasikan ke seluruh wajah. Setelah didiamkan beberapa saat hingga mongering, bilas dengan air dingin. Kulit wajah pun terasa lebih bersih dan segar.

Masker untuk Mencerahkan Wajah

Kopi mengandung Antioksidan yang mengusir sel - sel kulit mati, lalu beregenerasi yang akan membuat kulit terlihat lebih cerah. Untuk hasil yang mekasimal maka gunakan 1 sdm makan kopi dan madu, dengan takaran seimbang lalu aduk hingga mengental.

Kemudian oleskan masker kopi ke wajah, diamkan selama 20 menit sebelum akhirnya dibilas. Rasakan perbedaan pada tekstur kulit wajah yang jadi lebih lembut.

Masker Kopi Untuk Mata Panda

Selain wajahm masker kopi juga bisa diaplikasikan untuk kantung mata, kopi bisa membantu menghilangkan garis-garis halus di sekitar mata. Gunakan 1 putih telur dan 2 sdm makan bubuk kopi. Aduk hingga berbusa lalu oleskan di area kantung mata. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas. Penggunaan masker kopi secara rutin ini, akan memberi relaksasi tersendiri, juga membantu mengurangi efek mata panda yang kerap mengganggu.

Masker untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

Asam klorogenat yang terdapat di dalam kopi dapat mengurangi peradangan dan melindungi wajah terhadap beberapa jenis bakteri. Gunakan 2 senok kopi 3 sdm yoghurt dan 1 sdm madu, lalu aduk menjadi scrub. Oleskan ke wajah dan diamkan sekitar 10-15 menit atau hingga kering kemudian bilas.

Nah, mulai sekarang gak ada lagi alasan untuk enggan merawat kulit wajah, karena dengan bahan alami seperti kopi saja, bisa membuat wajah menjadi glowing dan sehat. Selamat mencoba! (Tasya)



Komentar
Banner
Banner