Info Kesehatan

Ingin Kulit Sehat dan Terhidrasi? Rahasianya Cukup Lakukan Ini

Memiliki kulit yang terhidrasi atau mudah menyerap air adalah tanda kesehatan kulit yang sehat.

Featured-Image
Kulit sehat dan terhidrasi dengan mengkonsumsi air. Foto: KucherAV/istock photo

bakabar.com, JAKARTA – Memiliki kulit yang terhidrasi atau mudah menyerap air adalah tanda kesehatan kulit yang sehat. Rutin mengkonsumsi air adalah kuncinya.

Kulit kita bukan organ terbesar dalam tubuh, tetapi juga berperan kuat. Ini bukan hanya berfungsi sebagai perisai melawan berbagai elemen berbahaya seperti polusi, zat beracun, dan patogen.

Selain itu, kulit juga memiliki peran dalam mengendalikan suhu tubuh, mencegah dehidrasi, dan memberikan perlindungan terhadap fluktuasi suhu ekstrem.

“Hidrasi yang tepat sangat penting agar tubuh berfungsi dengan baik dan memengaruhi kesehatan kulit, metabolisme, pencernaan, rasa kenyang, tingkat energi, suasana hati, kualitas tidur, dan sistem kekebalan tubuh,” kata Britanny Michels, RDN, dikutip dari Glamour, Kamis (28/9).

Baca Juga: Makanan Terbaik untuk Kulit Sehat, Kandungan Karotenoid Kuncinya

Melansir WebMD, air membantu menjaga kelembaban kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih sehat, kenyal, dan bercahaya.

Air membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh, yang dapat mempengaruhi kualitas kulit. Kekurangan air dapat menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, bersisik, dan bahkan memperburuk kondisi kulit tertentu.

Air adalah yang terbaik. Bagaimanapun, tubuh Anda membutuhkan air lebih dari sekadar kesehatan kulit.

"Kita hanya dapat bertahan hidup dalam waktu singkat tanpa air karena air dibutuhkan dalam hampir setiap proses tubuh dan membentuk 60 persen tubuh manusia, termasuk kulit, jaringan, darah, dan tulang,” terang Michels.

Baca Juga: Makan Bersama Keluarga, Terasa Sepele Padahal Baik untuk Kesehatan Mental

Air adalah komponen utama tubuh manusia, dan sebagian besar organ dan jaringan dalam tubuh kita memerlukan air untuk berfungsi dengan baik.

Air juga membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita, yang penting untuk fungsi organ-organ seperti jantung, ginjal, dan otak.

Jika tubuh kekurangan air, maka dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan secara keseluruhan.

Editor
Komentar
Banner
Banner