Manfaat Kopi

Kopi dan Manfaatnya untuk Turun Berat Badan

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa meminum kopi dapat menurunkan berat badan. Ada cara aman untuk mengonsumsinya.

Featured-Image
Minum Kopi dan Pengaruhnya Dalam Penurunan Berat Badan. Foto: Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa meminum kopi dapat menurunkan berat badan. Ada cara aman mengonsumsinya agar hasilnya juga efektif.

Banyak orang rutin mengonsumsi minuman hitam dengan cita rasa pahit tersebut. Selain dapat meredakan rasa kantuk, kopi juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

"Kafein telah terbukti meningkatkan daya tahan dan kinerja fisik," ungkap Dr. Colleen Gulick, mengutip Healthline, Selasa (31/10).

Mengonsumsi kopi diketahui dapat mengurangi risiko penyakit, termasuk diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular dan kanker. Baru-baru ini, penelitian menemukan kaitan antara kopi dengan penurunan berat badan.

Para peneliti menemukan, meminum satu cangkir atau lebih kopi tanpa pemanis dikaitkan dengan penurunan berat badan sekitar 0,12 kilogram.

Tapi ketika meningkatkan asupan gula harian sebanyak satu sendok teh makan, dapat berpotensi penaikan berat badan sebesar 0,009 kilogram.

Mengonsumsi Kopi untuk Menurunkan Berat Badan

Minuma Kopi
Kopi. Foto-Net

Beberapa ahli mengatakan, jika Anda ingin menurunkan berat badan, kopi tanpa pemanis adalah pilihan yang tepat.

Kopi memiliki efek termogenik di dalamnya, yang diketahui dapat memengaruhi berat badan.

"Termogenesis pada kafein di dalam kopi dapat menghasilkan panas dan membakar kalori, sehingga meningkatkan pengeluaran energi," kata Gulick.

Selain itu, kopi juga diketahui dapat menekan nafsu makan, sehingga dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Senyawa alami dalam kopi berkafein atau pun non kafein, asam klorogenat dan polifenol, dianggap bermanfaat dalam metabolisme, termasuk peningkatan sensivitas insulin dan metabolisme glukosa.

"Efek ini berpotensi mempengaruhi mengatur berat badan dan berkontribusi pada penurunan berat badan," ujar Gulick.

Ice Americano. Foto: Freepik
Ice Americano. Foto: Freepik

Dengan menambahkan pemanis, gula dan krim ke dalam kopi dapat menambahkan ratusan kalori ekstra ke dalam secangkir kopi, sehingga berpengaruh pada tubuh Anda.

Perbedaan kalori ini menjadi faktor dalam pengontrolan berat badan Anda saat meminum kopi. Tapi, Anda dapat mulai mengurangi takaran gula pada kopi untuk mengatur berat badan.

Meski meminum kopi memiliki banyak manfaat, mungkin pada beberapa orang akan berdampak buruk, seperti menyebabkan insomnia, gelisah, jantung berdebar dan gangguan pencernaan.

Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan, hindari meminum kopi dengan jarak waktu berdekatan dengan obat tersebut. Serta menghindari minum kopi mendekati waktu tidur atau dalam kondisi perut kosong.

Editor


Komentar
Banner
Banner