Penjualan Suzuki 2023

Mobil Hybrid Suzuki Raih Peningkatan Penjualan pada Agustus 2023

Pada Agustus 2023, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat peningkatan penjualan ritel sebesar 12 persen dibandingkan dengan Juli lalu.

Featured-Image
Brand Activation Suzuki New XL7 Hybrid di MargoCity Depok. Foto: dok. SIS

bakabar.com, JAKARTA - Pada Agustus 2023, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat peningkatan penjualan ritel sebesar 12 persen dibandingkan dengan Juli lalu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mencatat bahwa segmen passenger car menyumbang 53 persen bagian dari total penjualan Suzuki di Agustus 2023.

Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan kontribusi passenger-nya pada Juli 2023 yang sebesar 49 persen.

Pencapaian segmen passenger car Suzuki turut disumbang oleh New XL7 yang berkontribusi sebesar 22 persen dari total penjualan, yang mana lebih dari setengahnya merupakan penjualan varian hybrid.

Baca Juga: Sepenggal Cerita Soebronto Laras, Bos Suzuki yang Sempat Pimpin Gaikindo

Dalam progresivitas di segmen passenger, secara khusus penjualan mobil hybrid juga menunjukkan peningkatan sebesar 15 persen dibandingkan Juli lalu.

Selama Agustus, penjualan mobil hybrid berada di angka 38 persen dari total penjualan mobil segmen passenger Suzuki.

Menurut Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT SIS, peningkatan penjualan di Agustus ini salah satunya juga dipengaruhi oleh ajang pameran otomotif GIIAS yang rutin digelar pada bulan tersebut.

"Pada saat itulah pembelian mobil menjadi sangat menguntungkan karena brand akan memberikan banyak promo yang memudahkan kepemilikan kendaraan bagi pembeli. Yang menarik adalah jumlah permintaan masyarakat pada kendaraan hybrid juga meningkat," kata Randy dalam keterangannya, Kamis (28/9).

Baca Juga: Simak Biaya Uji Emisi di Bengkel Suzuki, Mobil Merek Lain Bisa?

Sejak perdana meluncurkan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) pada All New Ertiga Hybrid di Indonesia (2022), Suzuki menerima respons pasar yang positif.

Setelah hampir satu tahun mendukung mobilisasi masyarakat, penjualan All New Ertiga diAgustus 2023 menunjukkan peningkatan sebesar 25 persen dibandingkan Juli 2023.

Ini dengan akuisisi penjualan sebesar 10 persen dari keseluruhan mobil Suzuki, dan menariknya 58 persen penjualannya adalah model hybrid.

Sementara, New XL7 juga menunjukkan tren peningkatan, yang secara keseluruhan mengambil bagian penjualan sebesar 22 persen.

Baca Juga: 4 Mobil Termurah di GIIAS Surabaya 2023, Ada yang Listrik!

Angka penjualan XL7 pada Agustus meningkat sebesar 23 persen dibandingkan dengan Juli 2023, di mana 53 persen penjualannya merupakan sumbangsih dari model hybrid.

Grand Vitara yang juga baru diluncurkan pada awal tahun ini turut menunjukkan peningkatan penjualan yang positif di bulan Agustus yaitu sebesar 46 persen dibanding Juli 2023.

Tidak hanya segmen passenger, segmen komersial juga turut menunjukkan angka yang baik dengan partisipasi New Carry sebesar 47 persen dari total penjualan Suzuki di Agustus 2023.

Baca Juga: Suzuki Indonesia Mulai Ekspor Ratusan New XL7 Hybrid ke Amerika

Secara keseluruhan, penjualan ritel Suzuki pada Agustus didominasi oleh produk lokal yang berkontribusi sebesar 84 persen.

Adapun kendaraan Suzuki yang diproduksi secara lokal seperti New XL7 Hybrid, All New Ertiga Hybrid, New Carry, dan APV.

Penjualan CBU Suzuki tercatat mengambil bagian sebesar 16 persen dari total penjualan, dimana Grand Vitara, S-Presso, dan Baleno menjadi kontributor utamanya.

Editor
Komentar
Banner
Banner