Kisah Inspiratif

Sepenggal Cerita Soebronto Laras, Bos Suzuki yang Sempat Pimpin Gaikindo

Soebronto Laras, yang dikenal sebagai tokoh otomotif Indonesia meninggal dunia dan telah dikebumikan pada Kamis (21/9) kemarin.

Featured-Image
Soebronto Laras (Foto: Suzuki)

bakabar.com, JAKARTA - Soebronto Laras, yang dikenal sebagai tokoh otomotif Indonesia meninggal dunia dan telah dikebumikan pada Kamis (21/9) kemarin. Pria berusia 79 tahun itu dikenal dengan dedikasinya dalam dunia otomotif.

Salah satunya, berkat jasa pria yang biasa disapa Yonto ini adalah kehadiran Suzuki Carry di Indonesia.

Pada 1976, dirinya memulai sebuah gebrakan dengan mengenalkan mobil legendaris Suzuki Carry ST20, atau yang lebih dikenal dengan Carry Pick-up.

Berkat keberhasilannya itu, tak jarang orang memanggilnya dengan sebutan 'Bapak Suzuki Indonesia'.

Baca Juga: Tokoh Otomotif Indonesia, Soebronto Laras Meninggal Dunia

Saat kecil, almarhum memang telah menunjukkan ketertarikannya pada dunia otomotif. Ia pun sempat menjadi pembalap motor pada masa remaja.

Soebronto Laras pun sempat menjabat menjadi Direktur Utama PT Indomobil Sukses Internasional pada periode tahun 1982 hingga 2002.

Selain itu, dirinya sempat didapuk menjadi Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), bahkan selama 2 periode.

Ia memimpin Gaikindo pada periode 1985-1987, lalu kembali dipilih pada 1988-1990 untuk terus menduduki jabatan tersebut.

Baca Juga: Suzuki Bawa Mobil Hybrid dan Promo Hadiah Jimny di GIIAS Surabaya 2023

Soebronto Laras dengan gigih terus mengembangkan karirnya melalui jabatannya sebagai Presiden direktur PT Indomobil Suzuki Internasional (kini berubah menjadi PT Suzuki Indomobil Motor) sejak 1990 hingga 2008.

Pada 2002, dirinya juga tercatat menjabat sebagai Komusaris Utama PT Indomobil Sukses Internasional hingga saat ini.

Selain itu, ia juga diketahui menjadi Komisaris PT Suzuki Indomobil Motor sejak 2014, dan Wakil Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika (Bisnis Indonesia) hingga sekarang.

Editor
Komentar
Banner
Banner