GIICOMVEC 2024

Hadirnya GIICOMVEC 2024 Dorong Ekspor Indonesia

Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) akan kembali hadir pada 7 – 10 Maret 2024, di Jakarta Convention Center (JCC).

Featured-Image
Ilustrasi pameran kendaraan komersial GIICOMVEC 2024 akan diselenggarakan Maret mendatang. Foto: dok. Seven Event

bakabar.com JAKARTA – Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) akan kembali hadir pada 7 – 10 Maret 2024, di Jakarta Convention Center (JCC).

Pameran business to business (b to b) ini akan menghadirkan merek-merek besar otomotif di Indonesia dari industri kendaraan komersial dan industri pendukungnya, termasuk beberapa merek baru.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan bahwa GIICOMVEC 2024 akan menghadirkan produk dan teknologi terkini yang dibutuhkan untuk dapat mendukung kebutuhan pemerintahm

Selain itu, kata dia, kebutuhan kegiatan para pelaku usaha bisnis di sektor swasta, mulai dari light commercial vehicle, heavy commercial vehicle hingga karoseri.

"Pameran ini juga menjadi ajang yang dapat menunjukkan informasi positif kepada pasar internasional, dan menjadi dorongan kegiatan ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia yang sedang terus diupayakan pertumbuhannya," kata Nangoi saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (7/2).

Menurut Nangoi, hadirnya GIICOMVEC menjadi salah satu cara meningkatkan dan berupaya memberi dorongan positif ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia.

"Pada 2023 lalu, ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia mencatat capaian sangat positif di 505.134 unit, dimana 8,18 persennya adalah ekspor kendaraan komersial," jelasnya.

"Harapannya angka ekspor tersebut dapat terus bertambah dan dapat lebih berkontribusi terhadap capaian industri kendaraan bermotor Indonesia," sambungnya.

GIICOMVEC 2024 akan menghadirkan merek-merek besar di Indonesia dari industri kendaraan komersial dan pendukungnya, termasuk beberapa merek baru.

Sebut saja Daihatsu, Foton, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz Truck & Bus, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Scania, Suzuki, Toyota, UD Trucks, VKTR, dan Wuling.

GIICOMVEC 2024 juga akan diikuti oleh industri karoseri tanah air dan industri pendukung lainnya.

Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara mengungkap bahwa GIICOMVEC akan menjadi solusi lengkap untuk semua kebutuhan kendaraan komersial.  

Ia menjelaskan bahwa kebutuhan para pelaku bisnis berbeda-beda sehingga memerlukan kustomisasi untuk menyesuaikan ranah industri yang digelutinya, dan GIICOMVEC akan mempermudah para trade visitor mencari semua kebutuhannya dalam satu waktu.

"GIICOMVEC diharapkan dapat menjadi one stop business solution untuk semua kebutuhan kendaraan komersial dari para trade visitor, mulai dari teknologi terbaru, sasis, karoseri, industri pendukung, hingga perusahaan pembiayaan tersedia disepanjang pameran,” tuturnya.

Penyelenggaraan GIICOMVEC yang ke-tiga pada tahun ini akan mengundang lebih dari 10 ribu trade visitors dan mempertemukannya dengan merek-merek terkemuka kendaraan komersial.

GIICOMVEC 2024 juga bekerjasama dengan asosiasi-asosiasi yang berkaitan erat dengan industri kendaraan komersial, mulai dari APTRINDO, IPOMI, ASKARINDO dan ALI.

Beberapa peserta juga akan turut serta mengisi seminar dengan isu-isu terkait fitur keselamatan transportasi dan tren sasis bus masa depan.

Ditambah lagi ada program Demo Area Truck & Bus, di mana para trade visitors berkesempatan untuk menyaksikan dan mencoba langsung teknologi unggulan dari kendaraan komersial yang dibutuhkannya.

Menariknya ,GIICOMVEC tidak memberlakukan tiket masuk, melainkan membuka kesempatan untuk seluruh pelaku industri dan pebisnis.

GIICOMVEC 2024 akan dikhususkan bagi para pelaku bisnis pada 7 hingga 9 Maret 2024, dan terbuka untuk kunjungan publik di hari terakhir pada 10 Maret 2024.

Editor


Komentar
Banner
Banner