Meditasi

Mindfulness, Teknik Meditasi untuk Menenangkan Pikiran

Mindfulness salah satu jenis meditasi yang bisa dilakukan untuk membuat pikiran fokus dengan kejadian yang sedang terjadi.

Featured-Image
Ilustrasi Minfulness atau meditasi. Foto: theyellowspot

bakabar.com, JAKARTAMindfulness salah satu jenis meditasi yang bisa dilakukan untuk membuat pikiran fokus dengan kejadian yang sedang terjadi.

Mindfulness merupakan kemampuan dasar manusia untuk hadir sepenuhnya, menyadari di mana diri kita berada dan apa yang dilakukan. Perhatian penuh atau mindfulness adalah kualitas yang sudah dimiliki setiap manusia, ini bukan sesuatu yang harus dibayangkan tetapi, harus dipraktikan.

Melansir dari mindful, Mindfulness ini bertujuan untuk mengistirahatkan pikiran yang selalu digunakan untuk memecahkan masalah atau sedang memikirkan sesuatu. Kondisi ini bisa memicu rasa stress, cemas dan gejala depresi. Dengan melakukan teknik minfulness maka bisa menjauhkan pikiran dari hal-hal yang memicu stress atau depresi.

Mindfulness ini melatih Kembali pikiran agar siap menghadapi hari, dengan melatih perhatian mendalam ini berulang kali dengan kesabaran dan kasih saying pada diri sendiri maka pikiran akan lebih tenang.

Baca Juga: Berapa Lama Meditasi yang Optimal dan Baik bagi Tubuh?

Cara melakukan mindfulness, mulailah dengan menyadari sensasi napas, rasakan naik turunnya perut dan dada. Rasakan bergerak masuk keluarnya napas. Cukup kembalikan perhatian ke napas tanpa menilai diri sendiri dan tidak memikirkan apapun. Tidak ada tujuan selain bernapas, ulangi proses berulang kali, dan berlatih setiap harinya.

Paling pentig ialah menemukan teknik yang cocok untuk gaya hidup dan bisa konsisten, dengan begitu meditasi akan lebih efektif bila menjadi kebiasaan. Mindfulness secara umum telah berkembang pesat dan banyak manfaat yang diperoleh. Berikut manfaatnya:

1.      Meningkatkan kemampuan kogniitf

2.      Memperlambat penuaan otak

3.      Mengurangi gejala sres, kecemasan dan depresi

4.      Meningkatkan rasa Sejahtera

5.      Membantu meringankan nyeri

6.      Meningkatkan kualitas hidup

7.      Meningkatkan Kesehatan otak dan memperlambat penuaan otak

Teknik mindfulness ini bisa dilakukan kapan dan dimana saja, akan lebih efektif jika dilakukan sebagai kegiatan rutin.

Editor


Komentar
Banner
Banner