Histori

Menyelami Sejarah di Balik Peringatan Hari Kenaikan Isa Almasih

Hari ini, 18 Mei 2023 bertepatan dengan peringatan kenaikan Isa Almasih yang juga ditandai sebagai libur nasional.

Featured-Image
Visualisasi drama Kisah Sengsara Yesus di Gereja Santo Mikael Panca Arga(Dok. APAHABAR/ARIMBI) Jumat 7 April 2023.

bakabar.com, JAKARTA – Hari ini, 18 Mei 2023 bertepatan dengan peringatan kenaikan Isa Almasih yang juga ditandai sebagai libur nasional. Tapi, seperti apa sejarah dari kenaikan Isa Almasih?

Di hari istimewa umat Kristiani ini kerap diidentikkan dengan sejumlah perayaan di gereja, yang secara jadwal sudah ditetapkan 40 hari setelah Hari Paskah.

Selain itu, perayaan kenaikan Isa Almasih banyak diikuti oleh penganut agama Katolik, semetara untuk Protestan ada sebagian umatnya yang tidak ikut memperingati hari tersebut.

Baca Juga: Berangkat dari Perang, Florence Nightingale Pelopori Hari Perawat Internasional

Mengutip laman Britannica.com, kenaikan Isa Almasih merupakan perayaan untuk memperingati kematian dan kebangkitan Yesus untuk kembali ke surga.

Tercantum dalam Injil menyebutkan bahwa kebangkitan itu merupakan bentuk kesatuan antara Yesus dengan Tuhan. Sehingga kebangkitan Yesus bukan sekadar perpindahan fisik dari bumi ke surga.

Hari kenaikan Isa Almasih secara eksplisit disebutkan dalam Lukas 24:50-52, “Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tanganNya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. Mereka sujud menyembah kepadaNya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita,".

Baca Juga: Diserang Diare, Hentikan dengan 5 Makanan Lunak Ini!

Hari kenaikan Isa Almasih ditetapkan 40 hari setelah paskah, sehingga bisa perayaan tersebut dilakukan pada tanggal yang berbeda setiap tahu. Tapi, perayaan tersebut selalu terjadi pada hari kamis sehingga sering disebut sebagai Kamis Putih.

Hal itu tercantum dalam pernajian baru di Alkitab. Berdasarkan Alkitab, kenikanta Isa Almasih ditandai setelah wafat Isa Almasih di kayu salib yang yang kemudian dikenal dengan hari Jumat Agung. Setelah 3 hari, Isa Almasih bangkit dari wafatnya dan peristiwa ini dikenal sebagai Hari Paskah.

Baca Juga: Alasan Mengapa Bangun Pagi Lebih Menyehatkan Jiwa Raga

Peristiwa Kenaikan Isa Almasih juga tercatat dalam Alkitab:

- Markus  16:19-20

- Lukas  24:36-53

- Kisah Para Rasul  1:6-12

- 1 Timotius 3:16

Editor


Komentar
Banner
Banner