Histori

Berangkat dari Perang, Florence Nightingale Pelopori Hari Perawat Internasional

Hari Perawat Internasional diperingati pada tanggal 12 Mei. Perayaan tersebut menjadi tanda penghoramtan dunia terhadap peran perawat untuk kesehatan.

Featured-Image
Ilustrasi Florence Nightingale. Foto: On the Record.

bakabar.com, JAKARTA –Hari Perawat Internasional diperingati pada tanggal 12 Mei. Perayaan tersebut menjadi tanda penghoramtan dunia terhadap peran perawat untuk kesehatan.

Dilansir dari britanicca.com, sejak tahun 1965 Dewan Perawat Internasional (ICN) telah menetapkan hari untuk memperingati perawat di seluruh dunia. Tapi baru pada 1976, tanggal 12 Mei ditetapkan sebagai hari perawat internasional.

Sosok Florence Nightingale

Penetapan pada tanggal 12 Mei sejatinya tercetus dari hari kelahiran dari Florence Nightingale. Ia adalah sosok di balik pendirian sistem keperawatan modern.

Perubahan besar yang dilakukan Florence Nightingale terjadi pada 1850 ketika ia ditugaskan sebagai perawat tentara dalam perang Crimean. Saat itu, ia terkejut melihat kondisi tenda peawatan tentara sangat tidak layak.

Baca Juga: Tanggal 11 Mei, Jadi Perayaan Hari Makan Apapun yang Diinginkan

Semenjak itu, ia mendorong kampanye standar ketat untuk kelayakan tenda perawatan tentara di medan perang. Dalam kampanye yang ia suarakan, setiap tenda harus memiliki standar kebersihan dengan suplai obat serta makanan tercukupi.

Untuk meningkatkan kualitas keperawatan berstandar, ia kemudian membuka sekolah tinggi khsus keperawatan bernama Nightingale School of Nursing yang terletak di Rumah Sakit St. Thomas, London.

Melalui sekolah khusus keperawatan ia sukses mendorong peningkatan standar kerja perawat yang lebih modern. Hal tiu mencatatkan namanya sebagai pencetus sistem perawat modern.

Karena itu setiap tahun sebagai bentuk penghormatan terhadap Florence Nightingale, ICN terus melakukan kampanye dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh perawat di dunia.

Baca Juga: Aman dan Sehat, 5 Jenis Olahraga untuk Orang Obesitas

Setiap tahunnya ICN menggelar kampanye dengan tema yang berbeda-beda. Seperti pada 2004 pihaknya mengusung tema ‘Working With The Poor’ untuk mendorong perawat melayani masyarkaat dari berbagai kelas sosial.

Kemudian pada tahun 2011 mengung tema ‘Closing The Gap’ untuk meningkatkan aksesibilitas kesehatan bagi seluruh masyarakat di dunia.

Editor


Komentar
Banner
Banner