Jerawat

Mengatasi Jerawat Mengganggu di Dagu

Jerawat di dagu sangat meresahkan dan membuat tidak percaya diri. Ada cara untuk mengatasinya.

Featured-Image
Mengatasi Jerawat di Dagu. Foto dok. healthdigest

bakabar.com, JAKARTA - Jerawat di dagu sangat meresahkan dan membuat tidak percaya diri. Ada cara untuk mengatasinya. 

Jerawat di dagu atau chin acne sangat meresahkan dan membuat tidak percaya diri, berikut beberapa penyebab dan cara menghilangkan jerawat tersebut.

"Sama seperti jerawat lainnya, jerawat pada dagu disebabkan beberapa faktor diantaranya peningkatan produksi sebum, pori-pori tersumbat, peradangan dan bakteri," kata Marisa Garshick, dokter kulit di New York, dilansir Prevention.

Ia juga menambahkan, bagi beberapa orang jerawat dapat timbul karena hormon yang tidak stabil, terinfeksi bakteri dan kotoran, tidak cocok dalam menggunakan produk skincare dan terlalu lama mengenakan masker.

Namun jangan khawatir, berikut beberapa cara untuk meredakan jerawat dengan benar.

Menggunakan kandungan tertentu

Menggunakan skincare berbahan ringan seperi Tea-Tree akan membuat kulit tenang dan mengurangi peradangan dan bakteri, selain itu memilih skincare berbahan slicylic acid juga dapat mengatasi jerawat.

Baca Juga: Treatment dengan Es Batu Bisa Menghilangkan Jerawat? Begini Faktanya

Selain itu Heather Rogers, dermatologis di Washington menyarankan penggunaan retinol dapat membantu menghilangkan jerawat. Tak hanya mengatasi, namun juga mengurangi flek dan bintik hitam di wajah.

"Retinol sangat bermanfaat untuk pori-pori tersumbat dan mencegah jerawat," ungkapnya.

Acne patch dan acne spot

Ilustrasi gambar acne patch dan acne spot. Foto: dok. Hipwee
Ilustrasi gambar acne patch dan acne spot. Foto: dok. Hipwee

Acne patch adalah sebuah produk penghilang jerawat berupa tempelan kecil yang penggunaannya menempel langsung di atas jerawat yang muncul di wajah. Sedangkan acne spot merupakan obat totol untuk jerawat, biasanya menggunakan cotton bud untuk pengaplikasiannya.

Untuk beberapa jerawat, penggunaan acne patch dan acne spot membantu meredakan jerawat dengan cepat. Garshick menyarankan memilih produk kandungan benzoyl peroxide atau salicylic acit untuk menghilangkan jerawat tersebut.

Tidak menyentuh jerawat dengan tangan kotor

Tangan kita mengandung banyak kotoran akibat menyentuh banyak benda, hal ini dapat menyebabkan perpindahan banteri dari tangan ke wajah dan jerawat, yang membuat jerawat semakin parah dan menyumbat pori-pori.

"Selain itu hal utama yang dapat dilakukan adalah mencuci wajah setiap malam," ungkap Rogers.

Baca Juga: Ingin Melindungi Wajah dari Sinar Ultraviolet? Oleskan Tabir Surya Tiap Dua Jam

Hal lain seperti pola makan dan kebersihan sangat berpengaruh dalam pertumbuhan jerawat, beberapa pakar menyarankan untuk mengurangi produk susu dan minyak, serta tidak menyentuh jerawat dengan tangan secara langsung.

"Jangan terlalu stress dalam menangani jerawat, cuci muka dan memakai pelembab dalam sehari-hari, dan jangan menyentuh jerawatmu," tutup Rogers.

Jika jerawat semakin memburuk, ada baiknya mengunjungi dokter kulit untuk perawatan lebih lanjut.

Editor


Komentar
Banner
Banner