Kulit Berjerawat

Tipe Kulit Kamu Acne-Prone Skin? Berikut Rangkaian Skincare yang Cocok Digunakan

Bingung harus menggunakan skincare apa untuk kondisi acne-prone skin? Tak perlu khawatir, berikut rangkaian skincare yang direkomendasikan dermatologist.

Featured-Image
Rangkaian skincare untuk kulit acne prone skin. Foto: PixelsEffect/istock photo

bakabar.com, JAKARTA –  Bingung harus menggunakan skincare apa untuk kondisi acne-prone skin? Tak perlu khawatir, berikut rangkaian skincare yang direkomendasikan dermatologist untuk mengatasi jerawat.

Menghadapi masalah jerawat, terlepas dari usia, adalah tantangan yang serius, dan terkadang menemukan perawatan kulit yang efektif untuk kulit yang mudah berjerawat bisa menjadi tugas yang sulit.

Jenis-jenis jerawat seperti jerawat kistik, hormonal, blackheads, komedo tertutup, dan whiteheads memiliki pemicu yang beragam. Oleh karena itu, penggunaan kandungan dalam perawatan wajah harus sesuai dengan masalah kulit.

Melansir dari Self (4/10), dokter kulit merekomendasikan rangkaian skincare yang cocok untuk kulit acne-prone skin, berikut adalah rekomendasi sabun cuci muka, serum, moisturizer dan sunscreen yang cocok untuk kondisi kulit berjerawat.

Sabun Cuci Muka (Cleanser)

Ilustrasi mencuci muka. Foto: puhhha/istock photo
Ilustrasi mencuci muka. Foto: puhhha/istock photo
Ketika mencari pembersih wajah untuk kulit yang rentan berjerawat, ada dua bahan aktif yang perlu diperhatikan adalah salicylic acid, beta hydroxy acid (BHA), dan benzoyl peroxide, yaitu bahan antimikroba yang bekerja keras membunuh bakteri.

“Untuk kulit berminyak, saya biasanya merekomendasikan foam clenser, Jika kulit Anda tergolong kering, pembersih yang gentle dan menghidrasi lebih disukai” kata dokter kulit bersertifikat Prince Adotama, MD, asisten profesor di NYU Grossman School of Medicine, dikutip dari SELF.

Menurut saran dari Benjamin Marks, MD, seorang ahli kulit di Northwestern Medicine Glenview Outpatient Center, disarankan menggunakan pembersih wajah berbahan salicylic acid untuk membersihkan wajah sekali pemakaian, dan pembersih yang mengandung benzoyl peroxide untuk hasil yang optimal.
Baca Juga: Jangan Asal Memencet Jerawat, Bisa Bikin Kulit Wajah Rusak
Elemen tambahan yang sangat bermanfaat adalah vitamin C, sebuah antioksidan yang dapat membantu mencerahkan bintik hitam dan mengurangi bekas luka akibat jerawat seiring berjalannya waktu. Selain itu, niacinamide juga dapat berperan dalam menyamarkan warna kulit dan memperbaiki tekstur kulit.

Kombinasi peptide dan ceramide juga terbukti efektif dalam melindungi lapisan pelindung kulit. Sementara itu, bahan alami seperti kamomil, lidah buaya, dan teh hijau dapat memberikan efek menenangkan, meredakan kemerahan, dan mengurangi iritasi pada kulit.

Serum
Serum seperti vitamin C, AHA dan BHA cocok untuk kulit acne prone skin. Foto: Prostock-Studio/istock photo
Serum seperti vitamin C, AHA dan BHA cocok untuk kulit acne prone skin. Foto: Prostock-Studio/istock photo

Meskipun mengatasi jerawat bisa menjadi tantangan yang melelahkan, menyakitkan, dan frustrasi, penggunaan serum dapat menjadi solusi untuk mengatasi jerawat. Serum mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dan dapat secara langsung menanggapi kebutuhan spesifik perawatan kulit Anda.

Serum yang cocok untuk kulit acne prone skin adalah, serum vitamin C dapat menghambat produksi melanin, menjadikannya kunci untuk mengatasi hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit Anda.

Serum AHA bekerja melawan garis halus dan kerutan, meningkatkan produksi kolagen, mencerahkan bintik hitam, dan membuka pori-pori yang tersumbat.

BHA dapat membantu mengeringkan jerawat dan mencegah timbulnya jerawat baru. Antioksidan dan vitamin juga memainkan peran penting, meningkatkan kecerahan kulit, melindungi wajah Anda dari radikal bebas, serta mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat.

Moisturizers (Pelembab)
Pelembab sangat dianjurkan untuk kulit acne prone skin. Foto: Prostock-Studio/istock photo
Pelembab sangat dianjurkan untuk kulit acne prone skin. Foto: Prostock-Studio/istock photo
Meskipun Anda mungkin merasa kulit Anda sangat berminyak, menggunakan pelembab wajah tetap direkomendasikan, terutama jika Anda menggunakan retinoid, produk dengan AHA, produk yang mengandung salicylic acid, atau produk yang mengandung benzoyl peroxide.

“Saya pikir banyak orang dengan kulit yang rentan berjerawat atau berminyak cenderung menggunakan pembersih wajah yang keras, dan hal itu dapat menghilangkan banyak minyak yang diperlukan untuk menjaga pelindung kulit Anda tetap utuh, Jadi, hanya karena Anda sangat berminyak bukan berarti Anda tidak perlu menggunakan pelembap, karena Anda tetap menginginkan perlindungan,” ujar kata David Kim, MD, MS, dokter kulit kosmetik di Idriss Dermatology di New York City.

Baca Juga: Mengatasi Jerawat Mengganggu di Dagu

“Pelembab berbentuk gel dengan tekstur yang sangat ringan merupakan pilihan yang baik untuk orang yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat, saya juga lebih memilih formula losion dibandingkan krim, karena krim berbahan dasar minyak,” tambahnya.

Sunscreen (Tabir Surya)
Pentingnya memakail sunscreen. Foto: AleksandarNakic/istock photo
Pentingnya memakail sunscreen. Foto: AleksandarNakic/istock photo
Menyertakan tabir surya yang efektif dalam rutinitas perawatan kulit sangatlah krusial, terutama karena banyak bahan pengatasi jerawat dapat meningkatkan risiko terbakar sinar matahari dan kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Tabir surya yang direkomendasikan untuk kulit berjerawat sebaiknya memiliki formula bebas minyak dengan bahan menenangkan agar tidak menimbulkan iritasi, menyumbat pori-pori, atau meninggalkan residu berminyak.

Untuk perlindungan sehari-hari, disarankan mencari formula yang transparan, baik melalui zinc oksida transparan (mineral) atau filter kimia seperti avobenzone, homosalate, octocrylene, dan octisalate.

Sementara itu, ketika beraktivitas di pantai, berolahraga, atau berenang, pastikan untuk menggunakan tabir surya yang tahan air (waterproof) dan tahan keringat  (sweatproof) guna memastikan perlindungan yang optimal.
Editor
Komentar
Banner
Banner