tips atasi jerawat

Treatment dengan Es Batu Bisa Menghilangkan Jerawat? Begini Faktanya

Banyak cara dilakukan demi mendapatkan kulit wajah bersih dan mulus. Mulai dari treatment alami hingga yang berteknologi tinggi.

Featured-Image
Menggunakan es batu untuk mengatasi jerawat (Foto: dok. tokopedia)

bakabar.com, JAKARTA - Memiliki wajah bebas jerawat jadi idaman mayoritas orang. Untuk itu, banyak cara dilakukan demi mendapatkan kulit wajah bersih dan mulus. Mulai dari treatment alami hingga yang berteknologi tinggi.

Selain itu cara menghilangkan gangguan wajah yang satu ini pun membutuhkan waktu dan perawatan yang benar-benar menghilang dan tidak meninggalkan bekas.

Salah satu cara sederhananya adalah dengan menggunakan es batu. Penggunaan es batu selama ini dipercaya sebagian orang sebagai metode alami menghilangkan jerawat. Yakni dengan mengompres bagian kulit berjerawat dengan es batu.

Manfaat Es Batu untuk Jerawat

Manfaat es batu untuk jerawat dikaitkan dengan sifat antiperadangan yang dimilikinya. Temperaturnya yang dingin dapat mengurangi pembengkakan sehingga bisa mengempeskan jerawat.

Berkurangnya ukuran jerawat secara bertahap tersebut, lama-kelamaan bisa menghilang jerawat sepenuhnya.

Selain itu, mengompres jerawat dengan es batu dapat mendorong kotoran naik ke permukaan kulit.

Akan tetapi, tidak boleh memencet jerawat dalam melakukan pengompresan ini. Sebab, memencet jerawat malah akan membuat kotoran yang naik menyebar dan bisa meninggalkan jaringan parut yang sulit dihilangkan.

Mengaplikasikan Es Batu untuk Jerawat

Mengompres es batu pada jerawat tampak mudah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
1. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun dan air hangat sebelum melakukannya.
2. Bungkus es batu dengan kain atau handuk sehingga menjadi kompres es.
3. Letakkan pada jerawat selama kurang lebih satu menit setelah membersihkan wajah di pagi dan malam hari.
4. Hindari meletakkan es secara langsung pada kulit karena dapat memicu urtikaria dingin. Kondisi ini ditandai dengan gatal-gatal, ruam, bentol, atau pembengkakan. Reaksi kulit tersebut biasanya muncul setelah 2-5 menit terkena paparan dingin.

Kompres Es Batu dan Air Hangat

Es batu juga berpotensi mengurangi kemerahan yang membuat jerawat tidak terlalu tampak.

Metode ini bahkan mampu meringankan rasa nyeri pada jerawat kistik dan nodular karena efek mati rasa yang diciptakannya untuk sementara.

Akan tetapi, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa es batu efektif untuk mengobati jerawat.

Mengompres es batu hanya boleh dioleskan pada kulit dalam waktu singkat untuk mencegah terjadinya radang dingin.

Terkadang, kompres es batu juga dapat bekerja dengan baik untuk mengobati jerawat apabila digunakan bersama dengan kompres hangat.

Gunakan kompres hangat terlebih dahulu untuk membantu menghilangkan kotoran yang terperangkap di pori-pori. Setelah mengompresnya selama 5-10 menit.

Lanjutkanlah dengan kompres es batu selama 1 menit untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan

Jika saat penggunaan es batu pada jerawat timbul kemerahan yang meluas pada kulit, bengkak, lepuhan, mati rasa untuk waktu yang lama, maka sebaiknya segera hentikan cara ini, lalu berkonsultasilah pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Editor


Komentar
Banner
Banner