Meeting G7 Jepang

Mendag Zulhas Bahas Isu Rantai Pasok Global di G7 Jepang

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) membawa isu ketahanan rantai pasok ke Jepang. Ia berbicara di forum G7.

Featured-Image
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Foto: Antara/Makna Zaezar/foc

bakabar.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) membawa isu ketahanan rantai pasok ke Jepang. Ia berbicara di forum G7.

"Pertemuan tingkat menteri G7 memiliki makna strategis dalam membawa kepentingan Indonesia dan negara berkembang dalam perdagangan global," katanya, Sabtu (28/10).

Pertemuan Tingkat Menteri Negara G7 itu berlangsung di Jepang. Ini adalah momen pertama Indonesia diundang dalam forum tersebut.

Baca Juga: Di Sela KTT G7, Menko Airlangga Hadiri Pertemuan dengan Eropa dan Korea

Dalam pertemuan itu Zulhas mengikuti outreach session. Yaitu sesi diskusi antara negara anggota G7, mitra strategis dan organisasi internasional.

Juga ada working dinner. Berfokus pada hubungan antara sektor perdagangan dan aspek keberlanjutan.

Di sela pertemuan G7 TMM, Zulkifli juga diagendakan mengikuti pertemuan bilateral dengan sejumlah negara mitra dagang strategis Indonesia. Yaitu Jepang dan Australia.

Seluruh rangkaian pertemuan dilaksanakan di Osaka International Convention Centre/Grand Cube Osaka, Jepang, Sabtu.

Baca Juga: Trend Asia: Negara G7 Hentikan Solusi Palsu dalam Transisi Energi

Selain pertemuan dengan menteri negara mitra dagang, juga ada agenda bertemu Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/ WTO) dan Organisasi Internasional Bidang Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (The Organization for Economic Cooperation and Development/OECD).

"Indonesia mendorong hasil-hasil konkret pada Konferensi Tingkat Menteri Ke-13 WTO bulan Februari 2024 mendatang serta mengharapkan dukungan untuk aksesi Indonesia menjadi anggota penuh OECD yang dapat menjadi akselerator tercapainya visi Indonesia Emas 2045," tutupnya Zulhas.

Biar tahu saja. G7 merupakan organisasi internasional yang terdiri atas beberapa negara ekonomi terbesar di dunia. Yakni Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat.

Editor


Komentar
Banner
Banner