liga 1

Menang 2-1, Borneo FC Kudeta Madura United di Puncak Klasemen

Borneo FC Samarinda Madura United pada lanjutan Liga 1 2023/2024, Minggu (1/10) sore.

Featured-Image
Madura United bertemu Borneo FC pada pertandingan lanjutan Liga 1 2023/2024, Minggu (1/10). Foto: borneofc.id

bakabar.com, JAKARTA - Borneo FC Samarinda sukses mengkudeta posisi Madura United di puncak klasemen sementara Liga 1 2023/2024, Minggu (1/10) sore.

Keberhasilan itu didapatkan setelah meraih kemenangan 2-1 atas Madura United yang tampil di hadapan pendukung sendiri di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan. 

Baca Juga: Madura United vs Borneo FC: Duel Perebutan Takhta

Di babak pertama, kedua tim bermain cukup alot dan sama-sama mengalami kesulitan melakukan serangan.

Bahkan, Madura United dan Borneo FC juga tak kunjung menciptakan peluang dalam 20 menit pertandingan berjalan. 

Baru di menit 25, Borneo FC mendapatkan peluang bagus. Itu pun didapatkan setelah kiper Madura United Wawan Hendrawan melakukan kesalahan.

Beruntung, tendangan keras yang dilepaskan Stefano Lilipaly masih belum menemui sasaran. 

Namun tiga menit berselang, Borneo FC akhirnya berhasil membobol gawang Madura United setelah tendangan Terens Puhiri tak mampu dibendung kiper Wawan.

Baca Juga: Sikat PSM 1-0, Borneo FC Tempel Ketat Madura United di Puncak

Bahkan, tim berjuluk Pesut Etam ini hampir menggandakan keunggulan jika sontekan Leo Lelis yang mendapatkan umpan sundulan dari Silverio di mulut gawang Madura United tidak melambung ke atas gawang di menit 34.  

Setelah itu, Madura United menggempur pertahanan Borneo FC agar bisa memperkecil ketertinggalan. 

Hasilnya, tim berjuluk Sape Kerrab itu akhirnya menciptakan gol penyeimbang di menit 40.

Gol tersebut diciptakan Salim Tuharea yang memanfaatkan kesalahan Leo Guntara yang gagal mengantisipasi umpan lambung yang diberikan bek Madura United, Novan Sasongko.

Bola pun berada di depan Salim yang membuatnya langsung melepaskan tendangan keras ke gawang Borneo FC. 

Baca Juga: Klasemen Liga 1: Madura United Kokoh, Barito Putera Gagal Menempel

Setelah skor imbang, kedua tim bermain cukup keras hingga tak ada gol yang tercipta hingga pertandingan babak pertama berakhir dengan skor 1-1.

Di babak kedua, Borneo FC harus kehilangan salah satu pemain pilarnya Kei Hirose karena mengalami cedera. Ia digantikan Hendro Siswanto.

Kehilangan Hirose membuat timnya kesulitan mengembangkan permainan. Sedangkan Madura United tetap menguasai jalannya pertandingan.

Bahkan, tim tuan rumah hampir saja mengubah keadan jika tendangan Malik Risaldi yang mendapatkan umpan terobosan dari Francisco Rivera di menit 66 tidak dipatahkan kiper Borneo FC, Nadeo Argawinata.  

Namun, Pesut Etam beberapa kali mendapatkan peluang dengan memanfaatkan serangan balik. Salah satunya tendangan dari Diego Michiels di menit 72, meski masih terbaca kiper Madura United.

Baca Juga: Stadion Aji Imbut Dilirik Borneo FC Gelar Liga 1

Di menit 85, Borneo FC berhasil menggandakan keunggulan berkat Stefano Lilipaly yang memanfaatkan kesalahan di lini pertahanan Madura United.

Pemain timnas Indonesia itu mencetak gol usai backpass Fachrudin Aryanto tak mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Wawan Hendrawan.

Gol tersebut ternyata menjadi yang terakhir di pertandingan tersebut. Hingga laga pertandingan berakhir skor 2-1 untuk Borneo FC tetap bertahan.

Dengan hasil ini, Pesut Etam berhasil menyodok ke posisi teratas dengan mengumpulkan 28 poin.

Mereka unggul satu angka dari Madura United yang terpaksa harus turun ke peringkat kedua klasemen semetara Liga 1 musim ini.

Editor


Komentar
Banner
Banner