Kereta Api Kalimantan

Megaproyek Kereta Api Lintas Kalimantan Kembali Dikaji

Kalimantan berpeluang punya transportasi massal baru. Pemerintah pusat berancang membangun kereta api lintas provinsi.

Featured-Image
Kementerian PUPR bersama Perhubungan sedang mengaji pembangunan jalur rel kereta api lintas Kalimantan. Foto: PT KAI

bakabar.com, JAKARTA - Kalimantan berpeluang punya transportasi massal baru. Pemerintah pusat berancang membangun kereta api lintas provinsi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberi bocoran. Mereka bersama Kementerian Perhubungan sedang mengkaji pembangunan jalur rel kereta api lintas Kalimantan.

Hanya saja, ia tak bisa merinci. Kajian detailnya, ada di Perhubungan. "Dari Perhubungan sudah ada, tanya Perhubungan,” ucap Basuki di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/11).

Baca Juga: Jepang Mulai Melirik Proyek Jalur Kereta Api di IKN

Termasuk juga untuk jaringan kereta di IKN. Proyek itu bakal jadi proyeksi pembangunan ke depan.

"Untuk daerah IKN, juga sedang dikaji,” bebernya. Biar tahu saja. Kementeran Perhubungan berencana menggarap jalur kereta api di IKN setelah 2025.

Baca Juga: Bahas Peluang Infrastruktur Kereta Api di IKN, Menhub bertemu CRIC

Secara keseluruhan, saat ini prosesnya masuk dalam tahap penyusunan studi. Dari rencana tapak jalur kereta api di Kalimantan. Terutama di IKN.

Sebelumnya, 2017 lalu Kementerian Perhubungan merencanakan pembangunan jalur kereta api lintas Kalimantan. Megaproyek itu wacananya dimulai 2019.

Kala itu pemerintah menargetkan membangun jalur rel kereta sepanjang 2.428 kilometer. Membentang dari Kalimantan Barat, Tengah, Selatan, Timur hingga Utara.

Editor


Komentar
Banner
Banner